News  

Antisipasi Covid-19, Kemenag Kabupaten Pasuruan Siapkan Tempat Karantina bagi Jemaah Haji 

Ilustrasi ibadah haji di Makkah.
Ilustrasi ibadah haji di Makkah. (Foto: Pexels)

PASURUAN, Tugujatim.id – Secara bertahap para jemaah haji Indonesia tahun 1443 H/2022 mulai dipulangkan dari tanah suci. Termasuk rombongan jemaah haji asal Kabupaten Pasuruan akan segera pulang pada akhir pekan ini.

Berdasarkan data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), proses pemulangan jemaah haji Indonesia akan dibagi dalam 114 penerbangan. Oleh karenanya, Kemenag Kabupaten Pasuruan kini mulai bersiap menyambut kepulangan jemaah haji.

Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan, Syaihul Hadi, mengungkapkan jika setiap jemaah haji yang pulang akan melalui proses pengecekan protokol kesehatan secata ketat. Sesampainya di asrama haji Sukolilo Surabaya, jemaah haji akan dilakukan tes swab PCR.

“Jika nanti positif akan dikarantina mandiri dulu,” ujar Syaihul saat dikonfirmasi, Jumat (22/07/2022).

Syaihul menjelaskan kini pihaknya tengah mempersiapkan tempat karantina apabila ada jemaah haji yang nantinya dinyatakan positif Covid-19.

“Ini kita masih koordinasi dengan Dinkes Kabupaten Pasuruan untuk menyiapkan tempat karantina,” pungkasnya.

Menurut Syaihul jadwal kepulangan jemaah haji asal Kabupaten Pasuruan akan dibagi dalam tiga tahap. Berdasarkan jadwal, kloter 14 berjumlah 24 jemaah akan tiba di Bandara Juanda pada Minggu (24/07/2022) pukul 20.10 WIB.

Sementara Kloter 16 berjumlah 118 jemaah sampai di Juanda Rabu (27/7/2022) pukul 03.20 WIB Selanjutnya, Kloter 17 berjumlah 445 jemaah tiba di Juanda pada Kamis (28/7/022) jam 06.55 WIB.

Adapun Titik penjemputan jemaah di Kabupaten Pasuruan sesuai dengan titik berangkat masing-masing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

“Kalau yang tidak ikut KBIH bisa dijemput langsung ke Juanda,” pungkasnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim