Apa Anda Sudah Terdaftar sebagai Penerima Vaksin COVID-19? Yuk, Cek Situs Ini!

  • Bagikan
Peduli Lindungi, situs resmi dari pemerintah Indonesia untuk mengecek status pemberian vaksin COVID-19 gratis. (Foto: Dokumen)
Peduli Lindungi, situs resmi dari pemerintah Indonesia untuk mengecek status pemberian vaksin COVID-19 gratis. (Foto: Dokumen)

JAKARTA, Tugujatim.id – Pemerintah Indonesia bakal menggratiskan vaksin COVID-19 untuk semua masyarakat tanpa terkecuali. Total sebanyak 3 juta dosis vaksin Sinovac pun telah tiba di Indonesia dalam dua tahap, 6 Desember 2020 sebanyak 1,2 juta dosis, dan Kamis (31/12/2020) kemarin telah tiba sebanyak 1,8 juta dosis. Lalu, apa Anda sudah terdaftar sebagai penerima vaksin COVID-19 gratis dari pemerintah?

Vaksin COVID-19 gratis dari pemerintah ini sendiri rencananya bakal dibagikan secara bertahap. Rencananya, 3 juta dosis tersebut bakal diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes). Untuk mengeceknya, Anda bisa mengunjungi situs resmi dari pemerintah yakni Peduli Lindungi, atau bisa mengunduh aplikasinya melalui Google Playstore untuk Android ataupun Appstrore bagi pengguna IOS.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: Kaleidoskop Internasional 2020: Kebakaran Hutan Australia hingga Ledakan Beirut

Meski demikian, dengan hadirnya vaksin tersebut, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin tetap mengimbau agar tetap patuh akan protokol kesehatan. Terlebih, proses vaksinasi bakal dilakukan bertahap dalam kurun waktu satu tahun ke depan.

“Program vaksinasi adalah salah satu strategi utama untuk menyelesaikan masalah pandemi ini. Dibutuhkan waktu lebih dari 12 bulan ini untuk kita menyelesaikan program vaksinasi ini. Untuk itu, teman-teman, jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan,” terang Menkes, Budi Gunadi dalam keterangan resminya, Kamis (31/12/2020) kemarin.

Ia meminta dan memohon bantuan kepada seluruh elemen termasuk masyarakat untuk bisa mensukseskan kegiatan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan secara bertahap ini.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan di sini bisa didukung oleh seluruh rakyat Indonesia karena tidak mungkin pemerintah bisa melakukan ini sendiri. Saya percaya bahwa bersama kita bisa,” tutupnya.

Baca Juga: Kilas Balik 5 Peristiwa Penting di Indonesia Tahun 2020

Untuk mengecek apakah Anda sudah terdaftar atau belum sebagai penerima vaksin COVID-19 gratis dari pemerintah, Anda bisa mengeceknya di halaman https://pedulilindungi.id/cek-nik atau melalui aplikasi Android dan IOS. Yang perlu Anda masukkan yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik Anda, kemudian memasukkan kode captcha, dan klim tombol selanjutnya. (*/gg)

 

  • Bagikan