Api Tungku Lupa Dimatikan, Rumah di Kelurahan Temas Kota Batu Ludes Terbakar - Tugujatim.id

Api Tungku Lupa Dimatikan, Rumah di Kelurahan Temas Kota Batu Ludes Terbakar

  • Bagikan
Suasana pasca-kebakaran yang terjadi di Kelurahan Temas, Kota Batu, Minggu (25/7/2021) pagi. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Suasana pasca-kebakaran yang terjadi di Kelurahan Temas, Kota Batu, Minggu (25/7/2021) pagi. (Foto: Dokumen)

BATU, Tugujatim.id – Kebakaran melahap satu rumah di Jalan Wukir Gang III No.33A, RT01/RW02, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Minggu (25/7/2021) pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Diduga, api berasal dari tungku dapur yang belum dimatikan oleh sang pemiliknya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu, Supriyanto, mengatakan jika kebakaran bermula usai tunggu api dapur yang belum mati sempurna tersebut ditinggal oleh pemilik rumah.

“Menurut beberapa saksi bahwa pemilik rumah memang selesai memasak. Namun tungku dapur belum padam sempurna, kemudian ditinggal,” ucapnya.

Lantaran kondisi yang masih panas itu memicu percikan api dan membakar kayu bakar di sekitarnya. Api itu kemudian semakin membesar dan menyambar perabotan di dalam rumah tersebut.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 09.00 WIB itu mengakibatkan ruangan dapur, ruang tengah, dan kamar mengalami rusak berat.

“Petugas sendiri datang setelah mendapat informasi dari warga kemudian melakukan pemadaman dengan dibantu warga. Pemadaman berlangsung kurang lebih 30 menit,” ungkapnya.

Menurutnya, area yang terbakar di rumah tersebut diperkirakan menghanguskan ruangan sepanjang sembilan meter dengan lebar lima meter. Tampak atap rumah juga runtuh usai rangka atap terbakar.

“Total kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 20 juta. Namun dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa,” pungkasnya.

  • Bagikan