Makanan dan Minuman Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Disuntik Vaksin

Makanan dan Minuman Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Disuntik Vaksin

  • Bagikan
Ilustrasi makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi sebelum divaksin/tugu jatim
Ilustrasi makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi sebelum divaksin. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Setelah disuntik vaksin sebagian orang mengalam beberapa gejala seperti lengan terasa nyeri atau bengkak di sekitar area suntikan. Ada juga yang merasa, lemah, lesu, demam, dan gejala lainnya.

Memang biasanya tubuh bereaksi pasca menerima vaksin. Reaksi ini biasanya disebut dengan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) dan hal ini adalah sesuatu wajar. KIPI terjadi hanya bersifat sementara dan ringan, karena itu tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan.

Biasanya, reaksi yang didapat tergantung pada imun tubuh penerima vaksin. Maka dari itu memperkuat imun tubuh sebelum divaksin sangat dianjurkan.

Nah, ada beberapa cara untuk memperkuat imun tubuh sebelum vaksin, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik dan tepat. Berikut ini jenis makanan yang baiknya dikonsumsi sebelum divaksin.

Dilansir dari EatingWell, ada dua jenis makanan yang cocok, di antaranya makanan anti inflamasi dan minum banyak cairan.

1. Makanan Anti Inflamasi

Makanan yang mengandung anti inflamasi ialah jenis makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Meningkatnya kekebalan tubuh berarti imunitas juga menjadi meningkat. Adapun cara mendapatkan vitamin C, bisa dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Kendati begitu, tetap lebih baik jika mengonsumsi vitamin C yang berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Misalnya, jeruk, tomat, jambu biji, dst.

2. Minum Banyak Cairan

Dokter setuju bahwa terhidrasi sebelum melakukan vaksin sangat penting. Karena ini akan menunjang kerja organ tubuh menjadi lebih baik. Dengan menjaga tubuh cukup terhidrasi penderita fobia jarum suntik dan riwayat pingsan misalnya menjadi lebih aman dan terkendali.

Bahkan, setelah divaksin pun juga tetap dianjurkan minum banyak cairan. Cairan yang dimaksud dalam hal ini adalah air putih. Tetapi juga tidak salah mengonsumsi cairan yang terdapat pada buah-buahan. Contoh buah yang mengandung banyak air misalnya semangka, mentimun, belimbing, nanas, dll.

Kemudian, selain mengonsumsi makanan dan minuman yang baik dan tepat. Ada baiknya juga beristirahat yang cukup sebelum divaksin. Jadi kurangi begadang dan hal lain yang bisa menciptakan keletihan.Tak lupa, melakukan beberapa aktivitas olahraga ringan agara menjaga tubuh tetap sehat.

Jadi, singkatnya, saat hendak divaksin sebaiknya tubuh dalam keadaan fit. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat, serta melakukan beberapa tips di atas.

  • Bagikan