Dr Aqua Dwipayana Diundang ASPOO Jawa Tengah untuk Motivasi Pengurus dan Anggotanya - Tugujatim.id

Dr Aqua Dwipayana Diundang ASPOO Jawa Tengah untuk Motivasi Pengurus dan Anggotanya

  • Bagikan
Sekretaris ASPOO Trisila Juwantara berpose di tempat acara Sharing Komunikasi dan Motivasi Selasa (19/01/2021). (Foto: Riq/Tugu Jatim)
Sekretaris ASPOO Trisila Juwantara berpose di tempat acara Sharing Komunikasi dan Motivasi Selasa (19/01/2021). (Foto: Riq/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Asosiasi Pengusaha Oleh-Oleh (ASPOO) Jawa Tengah mengundang Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan para pengurus dan anggotanya. Pelaksanaannya Selasa (19/01/2021) di ruang pertemuan Yuasafood Wonosobo. Untuk diketahui, ASPOO itu sendiri adalah asosiasi yang membawahi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Tengah.

Sekretaris ASPOO Trisila Juwantara yang sekitar 2 minggu lalu menyampaikan undangan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada Dr Aqua. Begitu melihat masih ada jadwalnya yang kosong, di sela-sela kegiatannya Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan para prajurit dan ibu-ibu Persit di Kodam IV/Diponegoro, Dr Aqua langsung memutuskan menerima undangan tersebut.

Tidak hanya itu, sebagai wujud keseriusan memenuhi undangan tersebut pada Jumat pagi lalu (15/01/2021), Dr Aqua dari Surabaya sengaja datang ke Wonosobo untuk silaturahmi ke Trisila. Sekaligus mendapat banyak masukkan tentang kiprah ASPOO selama ini.

Salah satu hasil pertemuan tersebut, Dr Aqua menyatakan kesiapannya untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan semua anggota ASPOO Jawa Tengah di setiap kabupaten dan kota yang jumlahnya mencapai ribuan orang. Sedangkan usahanya beraneka ragam.

Untuk jadwal Sharing Komunikasi dan Motivasi keliling Jawa Tengah menyesuaikan dengan jadwal Dr Aqua yang sangat padat. Diperkirakan realisasinya beberapa bulan mendatang.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Sekretaris ASPOO Trisila Juwantara. (Foto: Riq/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Sekretaris ASPOO Trisila Juwantara. (Foto: Riq/Tugu Jatim)

Bagikan Buku Trilogi The Power of Silaturahim
Rencananya di setiap acara Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua akan didampingi Trisila dan pengurus ASPOO yang lain. Dia meminta Trisila untuk ikut menyampaikan testimoni, terutama bercerita tentang keberhasilannya mengembangkan CV Yuasafoood Berkah Makmur sehingga menjadi usaha oleh-oleh terbesar di Wonosobo.

Trisila sukses mengembangkan tanaman carica Dieng (Carica candamarcensis) hingga diminati banyak orang, termasuk yang dari luar Wonosobo. Menurut Trisila, tumbuhan yang sering disebut pepaya Dieng itu hanya ditemukan tumbuh dan berbuah dengan baik di dataran tinggi Dieng. Rata-rata pada ketinggian 1.750-2.200 meter di atas permukaan laut (dpl). Sedangkan di negara lain, buah carica yang berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan, itu diketahui hanya tumbuh di Cile dan Peru.

Laki-laki yang gigih itu memiliki tekad untuk terus berinovasi mengembangkan olahan carica, dari minuman pulpy hingga produk baru berbahan baku lokal lainnya dengan teknologi freeze dried.  Dia juga menyiapkan bisnis makanan lain, yaitu memproduksi keripik jamur, keripik buah, manisan cabai, manisan salak, dan lain-lainnya dari bahan lokal.

“Pak Trisila sukses berbisnis mulai dari bawah. Kesuksesannya perlu dibagikan ke banyak orang untuk memberi motivasi agar semangat mengembangkan usaha,” ujar Dr Aqua.

Tema Sharing Komunikasi dan Motivasi hari ini adalah judul buku Trilogi karya Dr Aqua, yaitu The Power of Silaturahim. Sedangkan kepada semua peserta akan dibagikan dua buku terbaru karya Dr Aqua yang berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas (Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana; Satu Kesamaan yang Mampu Mengalahkan Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya & Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial (Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama)”.

“Saya mewakili semua pengurus ASPOO Jawa Tengah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dr Aqua atas kehadirannya untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan kami. Manfaatnya pasti banyak sekali, terutama pengalamannya selama puluhan tahun intens melaksanakan silaturahmi yang menghasilkan banyak hal positif,” ujar Trisila. (riq/ln)

  • Bagikan