Astronaut Termuda, Remaja 18 Tahun Bakal Terbang ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos - Tugujatim.id

Astronaut Termuda, Remaja 18 Tahun Bakal Terbang ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos

  • Bagikan
Roket milik perusahaan antariksa Amerika Serikat, Blue Origin. Perusahaan milik miliuner dunia, Jeff Bezos. (Foto: Dokumen/Blue Origin)
Roket milik perusahaan antariksa Amerika Serikat, Blue Origin. Perusahaan milik miliuner dunia, Jeff Bezos. (Foto: Dokumen/Blue Origin)

AMERIKA SERIKAT, Tugujatim.id – Perusahaan pesawat antariksa milik miliuner dunia Jeff Bezos, Blue Origin mengumumkan bahwa remaja berusia 18 tahun asal Belanda, Oliver Daemen akan terbang bersama Bezos ke luar angkasa pada Selasa, 20 Juli 2021 mendatang. Hal tersebut sekaligus membuat Daemen menjadi astronaut termuda yang menjelajah luar angkasa.

Oliver Daemen akan menemani Jeff Bezos setelah penumpang lain, yang telah membayar 28 juta dolar dalam proses lelang menunda penjadwalan tersebut. Blue Origin mengatakan pemenang pelelangan, yang meminta untuk tetap anonim, akan menunda penerbangannya.

Sementara itu, juru bicara perusahaan mengatakan Daemen, seorang mahasiswa manajemen fisika dan inovasi yang masuk di Universitas Utrecht di Belanda, telah berpartisipasi dalam pelelangan.

“(Daemen, red) mengamankan kursi di penerbangan kedua. Kami memindahkannya ketika kursi ini pada penerbangan pertama tersedia.” lapor The Washington Post.

“Aku sangat bersemangat untuk pergi ke luar angkasa. Aku telah memimpikan ini sepanjang hidupku,” kata Daemen dalam sebuah video yang diposting di Twitter Bright.

Oliver Daemen, remaja berusia 18 tahun yang bakal menjadi astronaut termuda dan menemani Jeff Bezos pergi ke luar angkasa. (Foto: Website resmi Blue Origin)
Oliver Daemen, remaja berusia 18 tahun yang bakal menjadi astronaut termuda dan menemani Jeff Bezos pergi ke luar angkasa. (Foto: Website resmi Blue Origin)

Tahun lalu, Daemen telah berusaha untuk mendapatkan lisensi pilot pribadinya. Pada musim gugur, ia dijadwalkan untuk memulai kelas di Universitas Utrecht, di mana ia akan belajar fisika dan manajemen inovasi.

Melansir dari RTL Nieuws, ayah Daemen adalah Joes Daemen, pendiri dan CEO perusahaan investasi Belanda Somerset Capital Partners. Daemen yang lebih tua awalnya mengamankan tempat untuk putranya di penerbangan kedua New Shepard.

Setelah mendapat telepon kejutan bahwa terdapat kursi kosong, Daemen sekarang dalam perjalanan ke Texas untuk mempersiapkan peluncuran hari Selasa (20/7/2021).

Menurut NPR, penerbangan pada hari Selasa juga akan diikuti oleh Wally Funk, seorang perempuan berusia 82 tahun yang telah bermimpi pergi ke luar angkasa. Pada tahun 1961, dia termasuk di antara sekelompok pilot wanita yang diuji untuk melihat kecocokan wantia dengan perjalanan ruang angkasa. Mereka dikenal sebagai Merkurius 13, dan mereka melewati banyak tes yang sama dengan para pria. Tetapi program itu dibatalkan, dan Funk tidak pernah diterima oleh NASA.

Berbeda dengan Daemen, Funk akan menjadi sebagai orang tertua yang pernah berada di luar angkasa.

Peluncuran mendatang akan menjadi penerbangan luar angkasa berawak manusia pertama New Shepard. Untuk perjalanan tersebut, Daemen dan Funk akan bergabung dengan pendiri Amazon dan Blue Origin Jeff Bezos dan saudaranya Mark Bezos.

Misi ini diperkirakan berlangsung sekitar 11 menit, penerbangan ini menghabiskan biaya sebesar $2,545 juta(atau Rp. 36.882.521.750.000) per menit. Atau $42.424 (atau Rp. 614.814.971) per detik.

  • Bagikan