Australia Putuskan Mundur Jadi Tuan Rumah F1 dan MotoGP 2021

  • Bagikan
Valentino Rossi saat melakukan test pre-season pada 2017 lalu. (Foto: Movistar Yamaha) australia motogp f1 tugu jatim
Valentino Rossi saat melakukan test pre-season pada 2017 lalu. (Foto: Movistar Yamaha)

AUSTRALIA, Tugujatim.id –  Australia memutuskan untuk mundur menjadi tuan rumah ajang balap dunia Formula 1 dan MotoGP di musim 2021. Kabar ini disampaikan langsung oleh MotoGP dan Formula 1 melalui akun sosial medianya, mereka mengungkap jika hal ini dipicu angka Covid-19 di Australia yang makin melonjak. Formula 1 mengabarkan kabar ini melalui Twitter @Formula1, Selasa (6/7/2021) kemarin.

“Dengan menyesal kami umumkan bahwa #AusGP akan dihapus dari kalender 2021. Kami memiliki sejumlah pilihan untuk mengisi tempat yang kosong – yang akan diselesaikan dalam beberapa minggu mendatang – tetapi kami semua sedih kehilangan para penggemar di Australia tahun ini,” tulis penyelenggara F1.

Sementara itu, melansir dari Motorsport, F1 yang seharusnya menggelar GP Australia di Albert Park pada Maret lalu, harus menjadwalkan ulang untuk bulan November yang kini harus terpaksa batal. Meskipun bisa tetap menggelarnya, para team dan pembalap harus menjalani karantina terlebih dahulu. Pertimbangan ini lah yang membuat pihak penyelenggara memilih untuk mundur.

Tak hanya F1 saja yang mengabarkan ini, MotoGP juga merilis sebuah pernyataan resmi melalui website resmi motogp.com, dengan headline “Grand Prix Australia dibatalkan, Grand Prix Algarve ditambahkan”.

“FIM, IRTA dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan pembatalan Grand Prix Red Bull Australia. Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dan komplikasi perjalanan serta pembatasan logistik yang diakibatkannya membuat acara tersebut tidak dapat dikonfirmasikan saat ini, dan karena itu tidak akan ditampilkan di kalender 2021,” tulis MotoGP dalam pernyataan tersebut.

MotoGP juga mengumumkan bahwa sebagai ganti dari GP Australia, GP Portugal akan diadakan untuk kedua kalinya di musim ini pada November mendatang. Sedangkan Grand Prix Malaysia akan dilangsungkan seminggu lebih awal dari jadwal.

Paul Alexander Little AO selaku Ketua Australian Grand Prix Corporation juga rasa kecewanya lantaran gagal mengadakan ajang balapan dunia ini.

“Kami sangat kecewa bahwa untuk tahun kedua berturut-turut, penggemar MotoGP tidak akan melihat pembalap terbaik dunia bersaing di Sirkuit Grand Prix Phillip Island yang indah, termasuk pembalap Australia Jack Miller di MotoGP. kelas, dan Remy Gardner, yang saat ini memimpin kejuaraan dunia Moto2,” ungkap Paul melansir MotoGP pada Rabu (7/7/2021).

  • Bagikan