Berakibat Pemanasan Global, Inilah Tip Manfaatkan Sisa Makanan - Tugujatim.id

Berakibat Pemanasan Global, Inilah Tip Manfaatkan Sisa Makanan

  • Bagikan
Ilustrasi sisa makanan dapat yang mengakibatkan pemanasan global. (Foto: Wikye.com/Tugu Jatim)
Ilustrasi sisa makanan dapat yang mengakibatkan pemanasan global. (Foto: Wikye.com/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Pernahkah Anda menyisakan makanan ketika makan maupun setelah memasak? Barangkali ada sisa makanan karena terlalu banyak memasak atau terlalu kenyang untuk memakannya. Meski sampah makanan bisa terurai, tapi hal ini berakibat buruk bagi lingkungan seperti mengakibatkan pemanasan global.

Hal ini disebabkan oleh gas metana yang dihasilkan dari proses pembusukan sampah makanan. Nah, coba bayangkan ada berapa jumlah gas yang dihasilkan jika tiap orang menyisakan makanannya setiap hari? Jadi, yuk mulai kurangi sampah makanan. Salah satu cara mengurangi sampah makanan adalah dengan memanfaatkannya. Bagaimana cara memanfaatkannya? Berikut tip dari Tugu Jatim:

1. Membuat Pupuk Kompos dari Sisa Sayur dan Buah

Sisa makanan seperti sayuran dan buah-buahan dapat dimanfaatkan untuk membuat pupuk kompos atau pupuk organik. Anda juga dapat menambahkan sampah dedaunan kering sebagai kompos. Agar lebih mudah, sebaiknya gunakan komposter karena alat ini dapat mempercepat proses pembusukannya untuk menjadi pupuk kompos.

2. Olahan Sisa Nasi

Sisa nasi yang tidak habis dapat dimanfaatkan menjadi berbagai olahan makanan sebelum jadi busuk dan terbuang. Anda dapat membuat olahan seperti makanan tradisional intip goreng, kerupuk nasi, cireng nasi, dan olahan lain sesuai kreasi.

3. Membuat Kaldu dari Sisa Daging

Sisa daging sapi, ayam, atau daging lainnya yang tidak termakan dapat dimanfaatkan untuk membuat kaldu. Cara membuat kaldu daging ini juga sangat mudah. Cukup rebus daging dengan tambahan sayuran atau rempah-rempah seperti serai dan daun bawang. Jika tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan bubuk rempah siap masak yang ada di pasaran.

4. Membuat Infused Water dari Sisa Buah dan Sayur

Pernahkan Anda melihat banyak buah dan sayur tersisa yang hampir busuk, tapi tidak ingin memakannya? Jangan buang dan coba manfaatkan untuk membuat olahan yang bisa dikonsumsi seperti infused water. Cara membuat infused water juga sangat mudah. Cukup potong buah dan sayur, lalu masukkan dalam botol. Kemudian tuangkan air secukupnya ke dalam botol. Sebelum meminumnya, biarkan selama beberapa jam dalam lemari es.

5. Menyuburkan Tanaman dan Mencegah Karat dengan Sisa Daun Teh

Sisa daun teh yang biasa Anda buang ternyata dapat menyuburkan tanaman, lho. Karena teh bersifat seperti kompos, dan teh dapat menciptakan bakteri asam yang bisa menghambat penguraian. Caranya adalah keluarkan daun teh dari dalam kantong, lalu taburkan di atas tanah pada pot tanaman. Selain itu, sisa teh dapat dimanfaatkan untuk mencegah karat pada berbagai peralatan besi. Caranya cukup dengan menggosokkan daun teh pada bagian yang diinginkan.

Agar tidak meninggalkan banyak sisa makanan, sebaiknya perkirakan jumlah makanan yang akan dimakan. Jika Anda sering melupakan tanggal kedaluwarsa makanan, sebaiknya selalu simpan di freezer dan diberi tanda tanggal kedaluwarsanya. (Muthiya Mabila/ln)

  • Bagikan