Dewanti Rumpoko: Ayo Masyarakat Kota Batu Manfaatkan Sampah untuk Tingkatkan Ekonomi - Tugujatim.id

Dewanti Rumpoko: Ayo Masyarakat Kota Batu Manfaatkan Sampah untuk Tingkatkan Ekonomi

  • Bagikan
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengunjungi pameran hasil olahan limbah di Lippo Plaza Kota Batu. (Foto: Sholeh/Tugu Jatim)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengunjungi pameran hasil olahan limbah di Lippo Plaza Kota Batu. (Foto: Sholeh/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengajak masyarakat Kota Batu untuk dapat mengelola keberadaan sampah. Hal itu dia ungkapkan dalam Recycling Exhibition atau pameran hasil olahan sampah yang digelar di Lippo Plaza Kota Batu, Selasa (06/04/2021).

“Dari sampah ternyata bisa menghasilkan karya bernilai ekonomis. Ketika masyarakat sudah banyak mengetahui bahwa sampah itu bisa diolah menjadi hal yang berharga, maka jumlah sampah akan berkurang,” ucapnya.

Menurut Dewanti, pemanfaatan sampah menjadi barang bernilai ekonomis merupakan gebrakan dan langkah nyata dalam mengurangi keberadaan sampah di Kota Batu. Dia juga sangat mengapresiasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memanfaatkan sampah menjadi barang berharga.

Dewanti dalam kesempatannya ini juga memberikan masukan kepada pelaku industri kreatif berbahan baku sampah tersebut untuk membuat karya yang dapat digunakan secara umum.

“Saya sarankan hotel-hotel bisa membeli di sini jika ada yang dapat digunakan untuk fasilitas hotel, misalnya sampah menjadi alas meja makan dan lain-lainnya,” ujarnya.

Dia juga memberi dukungan kepada masyarakat untuk dapat mendaur ulang kantong plastik demi mengurangi sampah plastik.

“Mungkin bisa dimanfaatkan menjadi tas belanjaan sehingga juga bisa mengurangi penggunaan kantong plastik,” ucapnya.

Menurut dia, olahan sampah memiliki potensi besar untuk dapat memberikan dampak ekonomi. Dia mengatakan, saat ini sudah banyak karya-karya berbahan sampah yang memiliki pasar hingga ke luar negeri.

“Ini kan luar biasa. Mudah-mudahan hal seperti ini bisa terus dikembangkan. Jadi, dari sampah bisa menjadi bahan baku pendongkrak ekonomi,” imbuhnya. (M. Sholeh/ln)

 

  • Bagikan