Beri Motivasi Jajaran Polres Sukabumi Kota, Dr Aqua Dwipayana Bagikan Hadiah Umrah dan Liburan ke Bali

  • Bagikan
Dr Aqua Dwipayana memberikan motivasi kepada jajaran Polres Sukabumi Kota, Rabu (3/3/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana memberikan motivasi kepada jajaran Polres Sukabumi Kota, Selasa (2/3/2021). (Foto: Nurcholis Basyari/Tugu Jatim)

SUKABUMI, Tugujatim.id –  Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana bikin kejutan anggota Polres Sukabumi Kota peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi di Aula Rekonfu Polres di wilayah Polda Jawa Barat itu, Selasa (2/3/2021) malam. Apa kejutannya?

Motivator yang juga penggagas Gerakan Umrah Gratis itu bukan sekadar berbagi trik dan tip tentang komunikasi publik para anggota Korps Bhayangkara itu. Dalam acara bertajuk “Meningkatkan Motivasi, Etos Dan Semangat Kerja Personil Polres Sukabumi Kota Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menghadapi Tantangan Tugas Di Era 4.0” itu, Dr Aqua membagikan hadiah umrah dan liburan ke Yogyakarta atau Bali.

BANNER DONASI

Acara dua jam yang berakhir pukul 22.00 tersebut pun riuh oleh tepuk tangan dan sorakan para peserta. Acara yang diikuti sekira 50-an polisi itu berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, termasuk memakai masker dan menjaga jarak.

“Bu Farida saya kasih hadiah liburan ke Yogyakartta atau ke Bali. Bu Farida boleh ajak anak Ibu ya. Tiket PP (pergi-pulang) saya siapkan. Kalau ke Yogya, Bu Farida akan menjadi tamu saya sekeluarga karena kami punya rumah di sana. Jika ke Bali, menginapnya di hotel bintang lima Courtyard Marriott Seminyak,” kata Dr Aqua kepada Brigadir Kepala (Bripka) Farida Nursanti Anggraeni.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana (kiri) memberikan hadiah umrah dan liburan ke Yogyakarta atau Bali bagi peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi Polres Sukabumi Kota. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana (kanan) memberikan hadiah umrah dan liburan ke Yogyakarta atau Bali bagi peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi Polres Sukabumi Kota. (Foto: Nurcholis Basyari/Tugu Jatim)

Di tengah penyampaian paparannya, Dr Aqua secara spontan menanyakan siapa di antara peserta yang mendapat predikat polisi berprestasi dan menerima anugerah pin emas dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Polisi wanita (Polwan) bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Cibeureum berkerudung itu satu-satunya peserta yang angkat tangan.

Dr Aqua kemudian meminta bhayangkari single parent dua anak itu maju untuk berdialog singkat dan menyampaikan testimoni tentang prestasinya itu. Kapolres Sukabumi Kota Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sumarni Guntur Rahayu dan para pejabat utamanya serta para peserta menyaksikan adegan tersebut.

“Alhamdulillah, atas dukungan Kapolres Bu Sumarni dan Kapolsek Cibeureum (AKP Atik Suswanti), saya mendapatkan penghargaan pin emas dari Kapolri,” ungkap Farida.

Pin Emas Kapolri, Rumah Milenial, dan Budidaya Sorgum

Bersama Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, Bripka Farida termasuk dalam daftar 17 Polwan berprestasi yang menerima penghargaan pin emas dari Kapolri Jenderal Idham Azis. Penghargaan itu dianugerahkan pada peringatan Hari Jadi Ke-72 Polwan RI di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (1/9/2020). Selain itu, Kapolri juga memberikan anugerah pin perak kepada tujuh Polwan lainnya atas prestasi mereka.

AKBP Sumarni dinilai berhasil membangun sumber daya manusia (SDM) masyarakat Sukabumi Kota menjadi SDM tangguh dan unggul. Mantan Korspripim Polda Kalimantan Barat dan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu mengadakan berbagai pelatihan kewirausahaan dalam naungan program rumah kreatif milenial dan ketahanan pangan. Produk unggulannya antara lain kain batik jumputan dan kaos sablon tie-dye yang sedang trendi.

Adapun Bripka Farida dinilai sukses menginisiasi pendirian zona ketahanan pangan dan upaya memberdayakan masyarakat petani melalui program budidaya sorgum.

Hadiah Umrah The Power of Silaturahim

Baik AKBP Sumarni, Bripka Farida, maupun para peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi, sama sekali tidak menyangka Dr Aqua akan membagikan hadiah umrah dan liburan ke Yogyakarta/Bali itu.

“Saya sama sekali tidak menyangka mendapatkan hadiah lburan yang istimewa ini. Tentu saya bahagia sekali. Terima kasih Pak Aqua, Bu Kapolres, dan Kapolsek,” ujar Bripka Farida.

Saat kembali ke tempat duduknya di bagian paling belakang, mulutnya terdengar bergumam seraya mengucap syukur. Ibu dua anak yang duduk di bangku SMP dan SD itu seolah tidak percaya anugerah pin emas dari Kapolri itu berbuah hadiah liburan bersama kedua buah hatinya.

“Untuk hadiah umrah, saya serahkan sepenuhnya kepada Kapolres Sukabumi Kota Ibu Sumarni yang menentukan siapa yang mendapatkannya. Nanti yang terpilih akan ikut umrah bersama jamaah The Power of Silaturahim (The POS) yang dipimpin oleh Pak Nurcholis MA Basyari. Beliau saya percaya sebagai ketua rombongan umrah The POS seumur hidup,” lanjut Dr Aqua seraya mendaulat Nurcholis yang sengaja duduk di barisan paling belakang di samping kiri Bripda Farida untuk maju memberikan testimoni.

Umrah, Gerakan Kebaikan, dan The Power of Silaturahim

Dalam testimoninya, Nurcholis memaparkan asal muasal gerakan umrah yang diprakarsai dan didanai oleh Dr Aqua dari hasil penjualan buku superbesst seller berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”. Buku tersebut telah telah delapan kali cetak ulang dengan jumlah total 160 ribu eksemplar.

“Gerakan umrah ini merupakan gerakan menebar kebajikan yang sekaligus merekatkan keindonesiaan. Pesertanya dari seluruh Indonesia dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua. Mereka dari berbagai latar belakang, termasuk anggota TNI/Polri, tukang parkir, tukang becak, pendekar lingkungan, dan pegiat sosial. Mereka memiliki karya menebar kebajikan di bidang masing-masing,” kata Nurcholis yang juga wartawan senior dan asesor Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Pengurus Bidang Pendidikan dan Pelatihan PWI Pusat dan anggota Kelompok Kerja Hubungan Antarlembaga (Pokja Hubla) Dewan Pers itu menguraikan. Gerakan umrah The POS bergulir sejak 2017. Jamaah POS I 2017 berjumlah 35 orang, POS II 2018 sebanyak 39 orang, POS III 2019 mencapai 50 orang, dan POS IV 2020 sebanyak 43 orang. Jamaah POS IV sedianya sudah siap berangkat pada April 2020, namun tertunda akibat pandemi Covid-19. Mereka masih menunggu kepastian penjadwalan ulang keberangkatan ke Tanah Suci Mekah dan Madinah, Arab Saudi, guna menunaikan rangkaian ibadah umrah dan ziarah. (riq/gg)

  • Bagikan