Berkah Libur Nataru, Pedagang Ikan Asap Tuban Raup Untung hingga Jutaan Rupiah

Berkah Libur Nataru, Pedagang Ikan Asap Tuban Raup Untung hingga Jutaan Rupiah

  • Bagikan
Pedagang ikan asap khas Tuban di kompleks Plaza Ikan, Jl Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, diserbu pembeli dari luar daerah.
Pedagang ikan asap khas Tuban di kompleks Plaza Ikan, Jl Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, diserbu pembeli dari luar daerah. (Foto: Rochim)

TUBAN, Tugujatim.id – Libur Natal dan Tahun Baru menjadi berkah bagi para penjual ikan asap di sepanjang jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kabupaten Tuban. Betapa tidak, sejak hari libur Natal hingga menjelang pergantian tahun ini, stan tempat mereka menjual ikan tak pernah sepi pembeli.

Seperti yang tampak di komplek Plaza Ikan, pembeli berdatangan silih berganti menggunakan kendaraan pribadi maupun rombongan. Mereka datang tak hanya dari dalam kota, banyak juga dari luar Tuban, seperti Bojonegoro, Lamongan, Jombang, Surabaya. Bahkan dari luar Provinsi Jawa Timur.

Salah satunya Agus Setiawan, dia sengaja datang ke tempat ini untuk membelikan oleh-oleh bagi keluarganya di Jombang. Dia ke sini bersama rombongan lainnya, usai berziarah di Makam Sunan Bonang.

“Ini tadi beli ikan tongkol, salem sama ikan pari. Belanjanya habis sekitar Rp 100 ribu,” kata Agus.

Dia menambahkan, keluarganya memang suka ikan tongkol asap. Nantinya ikan tersebut kan disantap bersama bumbu sambal kecap.

“Kalau harganya termasuk ekonomis. Tidak terlalu mahal,” ungkapnya.

Sementara itu, Temu (40), pedagang ikan asap yang juga warga setempat menjelaskan beberapa varian ikan yang dijualnya yakni ikan tongkol, kakap, tenggiri, pari dan juga beberapa ikan lainnya.

Harganya bervariatif. Misalnya, ikan tongkol ukuran kecil dijual Rp 10 ribu, untuk ukuran sedang Rp 15 ribu, dan ukuran besar Rp 30 ribu. Ada juga ikan dorang asap bisa dibeli dengan harga mulai Rp 25 ribu – Rp 40 ribu. Ikan salem Rp 35 ribu per tiga ekor.

“Harga ikan asap tergantung jenis ikan, besar dan kecilnya,” kata Temu.

Menurutnya, dalam sehari dia bisa meraup keutungan hingga jutaan rupiah selama musim liburan seperti saat ini.

“Kalau hari-hari biasa ya dapatnya sekitar satu juta hingga Rp 1,5 juta,” pungkasnya.

  • Bagikan