Bersihkan Bagian Tubuh Ini dengan Benar Ketika Mandi

Bersihkan Bagian Tubuh Ini dengan Benar Ketika Mandi

  • Bagikan
Ilustrasi orang mau mandi/tugu jatim
Ilustrasi orang mau mandi. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Ada beberapa bagian tubuh yang sering kali lupa dibersihkan ketika mandi. Padahal bagian tersebut tidak bisa diremehkan karena bisa menjadi sarang bakteri yang bisa mengganggu kesehatan Anda. Dikutip dari wonderwall.sg, inibeberapa bagian tubuh yang sering lupa dibersihkan.

1. Lidah

Lidah mungkin jadi bagian yang terlupakan ketika kita sedang membersihkan rongga mulut. Padahal, lidah ikut menjadi tempat yang menjebak makanan sebelum dapat diteruskan ke lambung.

Bekasnya bisa Anda lihat ketika lidah berwarna merah setelah makan permen atau putih ketika meminum susu. Ini menjadi bukti bahwa lidah dapat meninggalkan sisa makanan yang kita makan.

Jika tidak dibersihkan, sisa makanan ini akan menumpuk dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang menyebabkan bau mulut.

2. Belakang Telinga

Bagian ini seringkali terlewat bahkan ketika sedang mencuci rambut, padahal bagian belakang telinga juga dapat berkeringat dan dapat menyebabkan bau bila tidak dibersihkan secara rutin saat mandi. Apalagi jika Anda memakai kacamata, ini akan menambah kotoran pada belakang telinga sehingga perlu dibersihkan dengan benar.

3. Pusar Perut

Setiap orang memiliki pusar dan kebanyakan bentuk pusar adalah lubang berlipat-lipat yang menjorok ke dalam. Pusar dapat menumpuk berbagai kotoran dan bau bila Anda tidak membersihkan dengan benar.

Baru-baru ini ditemukan penelitian bila pusar memiliki sekitar 70 jenis bakteri yang dapat berkembang biak ketika mereka memakan sel kulit mati dan lemak.

4. Sela Jari Kaki

Ketika membersihkan kaki, jangan lupa membersihkan sela-sela jari karena di sanal tempat bakteri, sel kulit mati, minyak, kotoran, dari puing-puing alas kaki yang Anda gunakan. Gosok dengan sabun dan bilas dengan air lalu keringkan sepenuhnya dengan handuk.

  • Bagikan