Bertaraf Internasional, Apocalypse Skatepark Malang Siap Wadahi Pelatnas SEA Games 2023 - Tugujatim.id

Bertaraf Internasional, Apocalypse Skatepark Malang Siap Wadahi Pelatnas SEA Games 2023

  • Bagikan
Peserta kompetisi menunjukkan skill-nya di lapangan Apocalypse Skatepark Malang. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Peserta kompetisi menunjukkan skill-nya di lapangan Apocalypse Skatepark Malang. (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Setelah sekian lama tak menggelar event, akhirnya kompetisi skateboard skala nasional kali pertama sejak pandemi melanda telah berhasil digelar di Apocalypse Skatepark Malang pada 29-31 Oktober 2021. Kini skatepark indoor terbesar di Indonesia itu tengah menyiapkan diri menjadi wadah pemusatan latihan nasional (pelatnas) bagi skaters menuju SEA Games 2023.

Owner Apocalypse Skatepark Malang Heru Tri Cahyono menjelaskan, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi), lembaga yang menaungi cabang olahraga skateboard.

“Apocalypse ini menjadi prioritas pertama untuk dijadikan tempat untuk latihan timnas skateboard yang sudah terbentuk,” ujarnya, Minggu malam (31/10/2021).

Penentuan juara kompetisi Apocalypse Fest 1.0 di Apocalypse Skatepark Malang, Minggu malam (31/10/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Penentuan juara kompetisi Apocalypse Fest 1.0 di Apocalypse Skatepark Malang, Minggu malam (31/10/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Kesuksesan Apocalypse Skatepark Malang dalam menggelar kompetisi skateboard bertajuk Apocalypse Fest 1.0 itu menjadi salah satu pertimbangannya. Selain itu, fasilitas guest house dan konstruksi lapangan skatepark tersebut telah berstandar internasional.

“Pertimbanganya, karena tempatnya yang mungkin proper bagi mereka dan di sini juga ada guest house-nya. Mungkin itu yang saya kira menjadi pertimbangan utama mereka,” jelasnya.

Sementara itu, Pevi Permana, atlet Timnas Indonesia yang juga sebagai Pengurus Perserosi itu menjelaskan, pihaknya memang bakal mengajukan Apocaliypse Skatepark Malang ke Kemenpora RI untuk menjadi salah satu lokasi Pelatnas menuju SEA Games 2023.

“Kemungkinan tempat ini bakal dijadikan tempat pelatnas. Karena skatepark ini benar-benar sudah memenuhi standar internasional,” ujar peraih medali emas skateboard tingkat Asia 2007, 2009, dan 2010 itu.

Sedangkan Sanggu Dharma Tanjung, atlet skateboard Indonesia menambahkan, Apocaliypse Skatepark Malang menurutnya memang sudah memenuhi standar untuk mengasah kreativitas skaters muda, terutama di Malang.

“Lengkap banget fasilitasnya, saat saya coba muter, ternyata halus banget dan bersih,” ucapnya.

Dia mengatakan, skatepark-nya benar-benar booming hingga Asia Tenggara.

“Skatepark ini benar-benar booming banget sampai Asia Tenggara. Apalagi ini beda dari skatepark lainnya, konstruksinya terbaik juga. Jadi, saya percaya bakal ada bibit-bibit baru atlet skate muncul dari sini,” tandas peraih medali emas SEA Games 2019 Filipina itu.

 

  • Bagikan