Besok, Sopir Angkot di Kota Batu Dijadwalkan Jalani Vaksinasi - Tugujatim.id

Besok, Sopir Angkot di Kota Batu Dijadwalkan Jalani Vaksinasi

  • Bagikan
Para sopir angkot bercengkrama sambil menunggu penumpang di terminal Kota Batu. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Para sopir angkot bercengkrama sambil menunggu penumpang di terminal Kota Batu. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu berencana akan melangsungkan vaksinasi Covid-19 tahap kedua bagi sopir angkutan kota (angkot). Vaksinasi sopir angkot yang masuk dalam kategori pelayan publik tersebut direncanakan akan dimulai pada 7 hingga 8 Juni 2021.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Batu, dr. Susana Indahwati menuturkan, proses vaksinasi sopir angkot akan dilakukan mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB di RS Bhayangkara Hasta Brata Kota Batu.

“Untuk vaksinasi sopir angkot tersebut, seharinya akan kami berikan kuota sebanyak 100 orang. Vaksinnya kita menggunakan vaksin Sinovac,” ujarnya, Minggu (6/6/2021).

Menurutnya, vaksinasi pelayan publik tersebut ditujukan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat Kota Batu. Terlebih, kelompok pelayan publik termasuk sopir angkot tersebut sering terjadi kontak fisik atau pertemuan dengan banyak orang.

Sementara menurutnya, harus ada minimal 70 persen penduduk Kota Batu yang menerima vaksin untuk mendapatkan kekebalan kelompok masyarakat terhadap paparan virus Covid-19.

“Kota Batu saat ini masih sangat jauh untuk capaian target itu. Karena saat ini baru ada 22.172 orang yang tercover vaksin. Sedangkan populasi masyarakat Kota Batu mencapai 220.296 jiwa,” paparnya.

Untuk mencapai target 70 persen penerima vaksin tersebut, maka butuh sekitar 154.000 masyarakat Kota Batu yang harus dijangkau vaksinasi Covid-19. Dikatakan, pihaknya akan bekerja keras untuk mencapai target itu.

“Realisasinya saat ini, masih menjadi PR kami untuk melakukan vaksinasi kepada 130.000 jiwa masyarakat Kota Batu lainnya,” paparnya.

Sementara itu disebutkan, pencapaian vaksinasi bagi keseluruhan pelayan publik di Kota Batu telah mencapai 182,75 persen dari target awal. Yaitu sebanyak 16.460 orang dari 9.007 orang yang ditargetkan di vaksinasi tahap dua.

  • Bagikan