BLT DD di Kecamatan Ngraho Bojonegoro Cair, Upaya Pemkab Dongkrak Pemulihan Ekonomi - Tugujatim.id

BLT DD di Kecamatan Ngraho Bojonegoro Cair, Upaya Pemkab Dongkrak Pemulihan Ekonomi

  • Bagikan
Sakinah, penerima bantuan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) di Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro. (Foto: Kominfo Bojonegoro) tugu jatim
Sakinah, penerima bantuan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) di Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro. (Foto: Kominfo Bojonegoro)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) terus dilakukan di sejumlah desa. Salah satunya di Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro.

Pencairan BLT DD sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro untuk pemulihan ekonomi terdampak pandemi Covid-19. Camat Ngraho, Masirin mengatakan bantuan BLT DD telah disalurkan ke warga mulai Rabu (4/8/2021) hingga Jumat (6/8/2021).

“Untuk pelaksanaan pengambilan bantuan BLT DD bisa datang ke balai desa masing-masing,” ucapnya, Senin (09/08/2021).

Masirin menjelaskan untuk penyaluran BLT DD tahap 4 dan 5 di Desa Blimbinggede sebanyak 54 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan besaran Rp 600 ribu, sedangkan di Desa Kalirejo BLT DD tahap 4 sebanyak 107 KPM sebesar Rp 300 ribu.

Penyaluran untuk Kamis saja sebanyak 354 KPM di empat desa. Rinciannya Desa Tanggungan (tahap 5) sebanyak 23 KPM, Desa Payaman (tahap 4 dan 5) sebanyak 142 KPM, Desa Jumok (tahap 4 dan 5) sebanyak 78 KPM dan Desa Tapelan (tahap 4 dan 5) sebanyak 111 KPM.

“Sementara di hari Jumat, 6 Agustus 2021 pencairan penyaluran BLT DD Tahap 4 dan 5 untuk 44 KPM di Desa Sumberarum dengan jumlah Rp 600 ribu,” jelas Masirin

Adapun kriteria penetapan penerima sudah memenuhi syarat melalui musyawarah desa penetapan validasi penerima BLT-DD.

“Di antara kriterianya, kehilangan mata pencarian, tidak menerima bantuan lainnya atau tidak terdata dan keluarga/penerima mengalami rentan Penyakit Kronis/menahun,” ungkap Masirin.

Sementara, Sakinah, salah satu penerima bantuan tersebut mengaku baru pertama kali mendapatkan bantuan BLT DD, ia merasa bersyukur karena bantuan tersebut sangat membantunya untuk pengobatan suami yang menderita sakit.

“Alhamdulillah sangat membantu sekali, untuk kebutuhan sehari-hari dan pengobatan bapaknya yang sakit diabet sudah berpuluh-puluh tahun,” tuturnya.

  • Bagikan