Bupati Malang Kaji Ulang Pembangunan Alun-Alun di Kepanjen - Tugujatim.id

Bupati Malang Kaji Ulang Pembangunan Alun-Alun di Kepanjen

  • Bagikan
Rapat paripurna DPRD Kabupaten Malang yang digelar pada Selasa (09/11/2021) yang membahas soal alun-alun di Kepanjen. (Foto: Aisyah Nawangsari Putri/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Rapat paripurna DPRD Kabupaten Malang yang digelar pada Selasa (09/11/2021) yang membahas soal alun-alun di Kepanjen. (Foto: Aisyah Nawangsari Putri/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Bupati Malang Sanusi menyinggung tentang pembangunan alun-alun di Kepanjen pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Malang, Selasa (09/11/2021). Hal ini dilakukan untuk menanggapi pertanyaan anggota dewan mengenai kelanjutan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026. Salah satu program dalam RPJMD tersebut adalah pembangunan Alun-Alun Kabupaten Malang di Kepanjen.

Saat ini pihak pemkab tengah melakukan pengkajian terkait lokasi alun-alun yang efektif, efisien, dan tepat sehingga tidak menimbulkan masalah teknis, sosial, budaya, maupun ekonomi.

“Saya melihat dari berbagai kota, di Kota Malang atau di mana, alun-alun itu biasanya di sebelah baratnya kantor pemkab. Dan di sebelahnya alun-alun biasanya ada masjid. Itu yang terjadi di Jawa,” ujar Sanusi.

Sementara itu, rencana awal pembangunan alun-alun Kepanjen berlokasi di belakang atau di sebelah timur kantor bupati. Jika lokasi ini tetap dipilih, maka tata letak Alun-Alun Kabupaten Malang akan berbeda dengan alun-alun di kota lain.

Untuk itu, Sanusi tidak ingin lokasi Alun-Alun Kepanjen dipilih secara sembarangan.

“Makanya ini perlu pemikiran bersama,” tambahnya.

Selain itu, pembangunan alun-alun juga terhambat masalah pembebasan lahan.

“Pembebasannya memang banyak mengalami kendala karena warga nggak mau menjual,” ujar Sanusi.

 

  • Bagikan