Bupati Malang Sanusi: 378 Desa di Kabupaten Malang Wajib Punya Satu Produk Unggulan - Tugujatim.id

Bupati Malang Sanusi: 378 Desa di Kabupaten Malang Wajib Punya Satu Produk Unggulan

  • Bagikan
Bupati Malang Muhammad Sanusi saat mengunjungi Desa Ampeldento. (Foto: Rap/ln)
Bupati Malang Muhammad Sanusi saat mengunjungi Desa Ampeldento. (Foto: Rap/ln)

MALANG, Tugujatim.id – Tak bisa dipungkiri jika Kabupaten Malang memang memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Karena itu, Bupati Malang Muhammad Sanusi meyakini jika total 378 desa di Kabupaten Malang memiliki potensinya masing-masing.

Melihat hal tersebut, Sanusi membuat program satu desa, satu produk unggulan. Jadi, setiap desa di Kabupaten Malang wajib memiliki minimal satu produk unggulan untuk dipasarkan.

“Itu menjadi program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang agar ke depan sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa desa kuat, negara maju. Setiap desa harus punya produk yang bisa diunggulkan,” tegas Sanusi saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Dia yakin jika desa-desa tersebut mampu menjadi desa unggulan seperti Pujon Kidul hingga Sanankerto.

“Seperti Pujon Kidul, Sanankerto, Ampeldento, dan Ngijo dengan memiliki destinasi wisata. Setiap desa wajib mengembangkan agar perekonomian optimal dan memakmurkan masyarakat. Pemkab Malang pun melakukan pendampingan dan mendukung penuh,” tuturnya.

Karena itu, alumnus Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran ini menginstruksikan kepada jajarannya untuk ikut menjadi pendamping desa-desa tersebut.

“Peran Pemkab Malang akan disiapkan sebagai pendamping masyarakat desa menuju ekonomi yang makmur dan sejahtera. Pemkab Malang juga akan terjun langsung dalam tahapan pengembangan potensi desa serta memberikan bantuan infrastruktur juga akan digulirkan kepada desa yang berprestasi,” ujarnya. (rap/ln)

  • Bagikan