Capai 30 Persen, Pemkab Tuban Terus Genjot Vaksinasi Covid-19 - Tugujatim.id

Capai 30 Persen, Pemkab Tuban Terus Genjot Vaksinasi Covid-19

  • Bagikan
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Tuban beberapa waktu lalu. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Tuban beberapa waktu lalu. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Kabupaten Tuban akan terus menggelar vaksinasi meski serapannya telah mencapai 30 persen. Namun, Pemkab Tuban menemui kendala terkait terbatasnya jumlah vaksin yang tersedia.

“Untuk jatah vaksin, memang ada daerah yang menjadi prioritas pemerintah pusat maupun provinsi. Tapi, alhamdulillah Tuban untuk angka positivity rate-nya cenderung menurun. Begitu juga dengan angka kematian terus menurun,” terang Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky kepada Tugu Jatim, Rabu (08/09/2021)

Mas Bupati, sapaan akrabnya menambahkan, selama ini setiap jatah vaksin datang langsung segera dihabiskan. Hal tersebut untuk mempercepat capaian pembentukan kekebalan komunal atau herd immunity. Dalam waktu dekat, vaksinasi serentak juga segera kembali dilaksanakan.

“Setiap vaksin datang, langsung saya perintah untuk segera diserap. Agar pembentukan kekebalan kelompok segera terjadi,” kata mantan anggota DPRD Provinsi Jatim Dapil Tuban-Bojonegoro ini.

Tentang perpanjangan PPKM Level 2 di Kabupaten Tuban mulai 7– 13 September 2021, Mas Bupati menjelaskan, untuk kegiatan masyarakat, pemkab berkomitmen akan dibuka kembali secara bertahap sesuai kondisi yang ada. Tentunya tanpa meninggalkan protokol kesehatan (prokes) 5M. Yaitu, mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilisasi.

Berdasarkan data sebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban, angka kesembuhan pada Selasa (07/09/2021) sebanyak 8 orang, sedangkan penambahan kasus per hari ini hanya satu pasien saja. Sementara 1 pasien meninggal dunia akibat Covid-19.

“Enam hari terakhir, kasus kematian terpantau nihil. Untuk hari ini satu pasien meninggal dunia,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Bambang Priyo Utomo.

Seluruh pasien yang ada, tidak keseluruhan dirawat di rumah sakit Tuban. Sebanyak 11 pasien dirawat di rumah sakit kota, 29 orang menjalani isolasi terpusat. Sedangkan 4 pasien mendapatkan perawatan di RSUD dr Koesma. Dan masing-masing 1 orang berada di RS Medika dan RSAM.

“Secara kumulatif, kasus aktif di Tuban sebanyak 46 pasien,” ungkapnya.

Total kasus terkonfirmasi Covid-19 yang terjadi di Tuban sebanyak 7.244 orang. Dari jumlah tersebut 6.288 pasien telah dinyatakan sembuh dan 918 pasien meninggal dunia akibat terpapar virus Covid-19.

  • Bagikan