Capaian Vaksin 70 Persen, Kabupaten Pasuruan Bisa Gelar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Awal 2022 - Tugujatim.id

Capaian Vaksin 70 Persen, Kabupaten Pasuruan Bisa Gelar Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Awal 2022

  • Bagikan
Vaksinasi anak. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Ilustrasi vaksinasi anak di Kota Pasuruan akan segera disusul di wilayah Kabupaten Pasuruan. (Foto: Dokumen)

PASURUAN, Tugujatim.id – Vaksinasi anak usia 6-11 tahun bisa digelar di Kabupaten Pasuruan pada awal 2022. Lantaran capaian vaksinasi di Kabupaten Pasuruan sudah mencapai 70 persen lebih di akhir 2021.

Sementara itu, cakupan vaksinasi lansia di Kabupaten Pasuruan juga melebihi target, yakni sekitar 64 persen. Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 disebutkan jika vaksinasi anak usia 6-11 tahun bisa dimulai dengan ketentuan telah mencapai target minimal 70 persen dosis pertama umum serta target minimal 60 persen dosis pertama lansia.

Bupati Pasuruan selaku Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, selama bulan Desember, vaksinasi terus dikebut lewat program Grebek Vaksin.

“Namanya juga Grebek Vaksin, kami mendorong percepatan vaksinasi tiap kecamatan dengan cara door-to-door ke rumah warga,” ujar Gus Irsyad pada Sabtu (01/11/2022).

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan hingga saat ini sudah ada 879.481 warga di Kabupaten Pasuruan yang dapat vaksin dosis pertama. Dengan kata lain, cakupan vaksinasi umum sudah mencapai 70,49 persen.

Selain itu, cakupan vaksinasi lansia sudah menembus target, yaitu 64,38 persen atau sekitar 88.461 lansia sudah dapat vaksin dosis pertama.

“Kami gerakkan semua pihak agar bisa sukseskan vaksinasi sampai target dari pemerintah pusat, minimal 70% di akhir 2021, dan alhamdulillah tercapai,” imbuhnya.

Meski begitu, Gus Irsyad mengakui jika pihaknya mengalami kendala pada vaksinasi lansia. Kebanyakan dari mereka menolak karena kurangnya informasi terkait pentingnya vaksinasi. Dia berharap dengan makin banyaknya warga Kabupaten Pasuruan yang divaksin, makin besar pula peluang masyarakat untuk beraktivitas dengan normal.

“Capaian ini benar-benar membuat saya dan Gus Mujib lega. Kalau sudah mencapai target vaksin, aktivitas masyarakat lambat laun bisa kembali normal seperti sebelumnya,” ujarnya.

  • Bagikan