Cara Budi Daya Terong Belanda yang Kaya Manfaat

  • Bagikan
Ilustrasi Terong Belanda atau Terung Belanda. (Foto: Pexels)
Ilustrasi Terong Belanda atau Terung Belanda. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Lantaran memiliki banyak khasiat kesehatan, jenis tanaman terung yang dinamakan terong belanda atau terung belanda ini bisa kita coba untuk budi daya, lho! Bahkan, hal itu bisa juga dilakukan di rumah.

Nah, penasaran bagaiaman cara membudidayakan tanaman terong belanda yang dipercaya bisa meningkatkan imun dan daya tahan tubuh ini? Yuk, simak informasi berikut ini:

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Sesuai yang telah dirangkum Tugu Jatim melalui akun resmi Kementerian Pertanian RI, Jumat (08/01/2021), hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin menanam terong belanda adalah membuat bedengan atau gulutan untuk persemaian bibit-bibit tanaman ini.

Baca Juga: 5 Skill Penting untuk Sambut Tahun 2021

Selanjutnya, tunggu kurang lebih 1,5 bulan hingga muncul daun-daun kecil yang siap untuk dipindah ke lahan tanam.

Untuk penanamannya sendiri, Anda dapat membuat bedengan atau gulutan dengan tinggi 40 cm x 120 cm dan panjang menyesuaikan lahan. Kemudian campur gulutan tersebut dengan pupuk organik, dan biarkan hingga 1 minggu.

Setelah 1 minggu, buatlah lubang pada gulutan, kemudian masukkan 2-3 benih terong belanda ke dalamnya. Persemaian ini sangat cocok dilakukan ketika sore hari.

Untuk pemeliharannya, Anda membutuhkan penyiraman 3 hari sekali secara rutin, namun ketika sudah berbunga membutuhkan 2 hari sekali penyiraman.

Sedangkan pemupukan pertama bisa dilakukan 7-14 hari setelah penanaman. Untuk pemupukan kedua dilakukan setelah jenis tanaman terung ini berbunga. Anda bisa menggunakan pupuk kandang, urea, TSP, dan Kcl.

Terong belanda ini bisa dipanen setelah 4 bulan penanaman, dan bisa dipanen hingga 6-7 kali. Ketika memanen, Anda bisa menggunakan gunting untuk menjaga agar pohon tidak rusak. (Mila Arinda/gg)

  • Bagikan