5 Skill Penting untuk Sambut Tahun 2021 - Tugujatim.id

5 Skill Penting untuk Sambut Tahun 2021

  • Bagikan
Digital Marketing.
Digital marketing dan melek dunia digital merupakan hal wajib yang dibutuhkan saat ini, maupun nanti. (Foto: Unsplash)

Tiba-tiba datang dan tiba-tiba sudah mau pergi, seperti inilah kebanyakan orang menggambarkan tahun 2020. Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi pandemi mulai awal tahun telah membatasi sejumlah ruang gerak dan menghambat rencana kita. Kini sudah hampir memasuki tahun 2021 dan tentu  kita tidak ingin mengulang hal yang sama di tahun ini bukan?

Baca Juga: Hindari Melakukan 7 Hal ini di Rutinitas Pagi

Pengalihan banyak aspek kehidupan ke dalam bentuk digital selama pandemi menyadarkan bahwa era digitalisasi akan semakin meningkat. Oleh karena itu jangan sampai mempimu tertunda karena kurangnya persiapan. Ubah strategimu dan tingkatkan skill digitalmu. Simak 5 skill penting yang wajib kamu pelajari untuk siap menghadapi tahun 2021 nanti.

1. Public Speaking

Ilustrasi public speaking, skill penting yang dibutuhkan saat ini
Ilustrasi public speaking, skill penting yang dibutuhkan saat ini. (Foto: Top Career)

Berhenti bersembunyi di balik cangkang dengan label introvert. Seringkali kebanyakan orang berdalih tidak mampu berbicara di depan umum karena dirinya yang seorang introvert. Padahal makna introvert pada dasarnya lebih mengacu pada bagaimana seseorang bisa mendapatkan kenyamanan dan ketenangan.

Baca Juga: 12 Aplikasi untuk Membuat Hidup Lebih Terorganisir

Kemampuan public speaking ini penting karena bukan hanya dibutuhkan untuk sekedar menjadi motivator, pemimpin, atau pembicara saja. Kemampuan ini kini lebih dibutuhkan untuk membangun relasi kerja sama, membangun sebuah kepercayaan, serta untuk proses negosiasi dan persuasi.

2. Membuat Konten

Kamu salah satu pengguna aktif sosial media yang selalu mengunggah status disana? Kini kembangkan kemampuanmu itu kearah yang lebih menguntungkan. Profesi pembuat konten akan semakin dibutuhkan di era digital karena semua yang ditawarkan (produk/jasa) perlu diubah ke dalam bentuk konten untuk mencapai penggunanya.

3. Digital Marketing

Kamu sudah yakin bahwa produk dan jasamu adalah hal yang akan dibutuhkan oleh masyarakat tapi kamu tidak tau bagaimana menyampaikan ini kepada orang lain. Disinilah peran penting digital marketing. Hal yang perlu dipahami bahwa pasar digital sangat berbeda dengan pasar konvensional dalam memahami serta menjangkau pembeli. Kamu tidak perlu memberitahu mereka untuk membeli produk/jasamu tetapi informasikan kepada mereka apa yang produk/jasamu bisa lakukan untuk mereka. Oleh karena itu siapkan dirimu untuk memasuki kompetisi digital ini.

Baca Juga: 15 Daftar Website Penyedia Vektor Gratis yang Super Keren

4. Manajemen Keuangan

Tahun 2020 benar-benar mengajarkan bahwa kita tidak bisa bertumpu pada satu sumber pendapatan. Beragam pelajaran terkait manajemen keuangan bisa kita dapatkan di tahun 2020 ini mulai dari cara mengelola uang sampai cara beinvestasi. Hal inilah yang penting untuk dimiliki khususnya anak muda karena kemampuan mengelola uang akan sangat membantu untuk mengorganisir kebutuhan dan tidak boros.

5. Melek Digital

Berada di era digital tentu kita harus menjadi individu yang mampu menggunakannya dengan baik atau juga disebut sebagai kemampuan literasi digital. Selain menjadi pengguna kamu juga diharapkan bisa menghasilkan melalui beberapa kemampuan digital yang setidaknya wajib kamu kuasai beberapa darinya, seperti desain, edit video, manajemen branding, dan penulisan copywriting.

Baca Juga: 15 Daftar Website Penyedia Vektor Gratis yang Super Keren

Tahun 2021 hanya tinggal menghitung minggu. Segera persiapkan dirimu dan menjadi individu yang lebih baik di tahun depan. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: Instagram @mudamudigaul

  • Bagikan