Cara Kuatkan Imun Tubuh bagi Anak Berkebutuhan Khusus - Tugujatim.id

Cara Kuatkan Imun Tubuh bagi Anak Berkebutuhan Khusus

  • Bagikan
Orang Berlari. Cara Kuatkan Imun Tubuh bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Olahraga lari salah satu yang bisa dilakukan bagi ABK agar imun mereka tetap tinggi. (Foto: Pixabay)

Tak hanya masyarakat umum, orang atau anak berkebutuhan khusus juga perlu untuk meningkatkan imunitas mereka. Terlebih, saat ini fokus pencegahan COVID-19 masih lebih mengutamakan masyarakat umum. Padahal, virus ini bisa mennginfeksi siapa saja. Lalu, bagaimana cara kuatkan imun tubuh bagi ABK?

Untuk itu, Dr. Fransisca Januarumi, M.Kes, memberikan tips berolarga untuk menjaga imunitas tubuh yang dapat dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus.

Baca Juga: Daftar Produk Prancis di Indonesia, Mulai Danone, L’Oréal, hingga Ubisoft

“Kami mengombinasikan aktivitas fisik dengan berbagai permainan agar mereka menjadi lebih tertarik dan fun,” kata Fransisca, seperti dilansir Basra, partner Tugu Jatim, Kamis (5/11).

Tim ahli olahraga disabilitas dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini mengatakan, jika ada tiga gerakan ringan yang dapat dilakukan secara berulang.

Pertama adalah jogging ringan 5 sampai 10 putaran atau hingga anak mulai terlihat lelah.

“Saat berolahraga orang tua wajib mengawasi anak apabila mereka terlihat sudah lelah. Selain itu, adanya teman untuk olahraga anak akan semakin bersemangat,” ucap Fransisca.

Kedua yakni duduk, membuka kaki. Caranya anak duduk seperti biasa, kedua kaki dibuka lebar dengan mendorongkan badan ke depan.

Ketiga adalah permainan seperti lempar bola ke dalam toples atau lompat zig zag. Dalam hal ini anak bisa bermain sambil menggerakan anggota tubuhnya.

“Dengan cara ini anak seolah bermain, tapi tanpa disadari tubuhnya juga ikut bergerak dan berolahraga,” ucapnya.

Baca Juga: Vaksin Corona AstraZeneca Buatan Oxford Kecil Kemungkinan Selesai Akhir Tahun Ini

Selain dapat meningkatkan imun tubuh, manfaat lain olahraga untuk anak berkebutuhkan khusus adalah menjadi terapi, hiburan, sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka. Di samping itu, olahraga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak.

Feedback positif bagi kegiatan ini, tingkat kemarahan anak semakin menurun dan anak juga dapat mengontrol emosinya,” tutup Fransisca. (Amm/Basra/gg)

 

Sumber Artikel: Berita Anak Surabaya

  • Bagikan