4 Cara Mengatasi Grogi saat Bicara di Depan Umum - Tugujatim.id

4 Cara Mengatasi Grogi saat Bicara di Depan Umum

  • Bagikan
Ilustrasi grogi dan canggung. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi grogi dan canggung. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Grogi merupakan salah satu kondisi yang seringkali dialami oleh manusia saat akan melakukan perform tertentu di situasi, momen atau keadaan yang benar-benar baru, bermakna dan penting. Walau keadaan yang manusiawi, keadaan canggung seperti kadang juga amat mengganggu kelancaran agenda yang bakal dilaksanakan.

Terlebih saat dalam agenda itu merupakan tanggung jawab kerja yang dituntut untuk tampil optimal, maksimal dan memuaskan. Tugu Jatim merangkum sekian tips untuk mengatasi grogi. Baik itu saat presentasi, bertemu klien, bertatap muka dengan calon pasangan, dan lain-lain. Apa saja tips mengatasinya?

1. Persiapkan semua dengan baik dan matang

Kadang, perasaan ini muncul saat situasi kita sedang tidak menguasai dan memahami apa yang sedang terjadi. Misalkan saat akan presentasi di depan kelas, kita masih belum paham betul mengenai materi yang akan dipresentasikan. Hal itu juga menjadi salah satu faktor munculnya perasaan itu. Intinya, kita perlu menyiapkan dan memahami sampai benar-benar matang segala hal yang perlu disiapkan, agar tidak canggung dan gugup.

2. Melatih fisik setangguh mungkin dan selalu percaya bahwa kita bisa menghadapi situasi tersebut

Selain itu, satu hal yang perlu diketahui untuk mengatasi perasaan grogi yakni melatih fisik untuk menjadi sosok yang tangguh. Sehingga, kesan yang dibawa kita bisa mengatasi berbagai situasi apapun termasuk yang membuat kita gugup. Hal ini kadang juga merupakan dampak dari penampilan diri yang kurang memuaskan, sehingga kita perlu mengiapkan fisik, penanpilan dan percaya bahwa kita bisa melewati situasi atau tantangan tersebut.

3. Coba temukan cara untuk menenangkan diri saat grogi muncul

Banyak cara yang dapat dipakai untuk menenangkan diri. Setiap orang berbeda-beda, ada yang memakai musik sebagai penenang hati dan pikiran agar tidak gugup dan canggung, ada juga yang dialihkan untuk jalan-jalan dan melihat lingkungan sekitar, ada pun yang membuat semacam afirmasi bahwa dirinya bisa melewati situasi tersebut. Setiap orang beda, sebagian ada yang memakai ibadah untuk menenangkan diri.

4. Jangan takut dengan grogi

Grogi itu memang situasi yang alamiah, yang manusiawi, yang wajar. Tentu hal ini juga bisa diatasi. Sehingga justru jangan sampai diri kita makin takut karena munculnya perasaan gugup ini. Dimaksudkan agar kita tidak makin merasa gugup hingga dua kali lipat. Kalau hal itu muncul, cukup pakai dan terapkan cara nomor 1, 2 dan 3 tadi.

Itulah 4 tips yang dapat dipakai untuk menghilangkan rasa grogi pada diri kamu. Percaya dirilah, kita pasti bisa, kalau sudah percaya hasil yang dibawa bakal menarik dan memuaskan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca.

  • Bagikan