Cerita Duka Perjuangan Pembalap Mario Aji di Indonesia Dicueki Menpora, tapi Dipuji Wakil Presiden - Tugujatim.id

Cerita Duka Perjuangan Pembalap Mario Aji di Indonesia Dicueki Menpora, tapi Dipuji Wakil Presiden

  • Bagikan
Pembalap Mario Aji. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Pembalap asal Magetan Jatim Mario Aji saat bertemu dengan Wapres RI Ma'ruf Amin dan didampingi Gubernur Jatim Khofifah di Istana Wapres pada Sabtu (22/01/2022). (Foto: Dokumen)

JAKARTA, Tugujatim.id – Perjuangan pembalap Mario Aji untuk mendapat dukungan dari pemerintah bukan tanpa cerita suka dan duka. Manajemennya di Indonesia sempat “dicueki” Menpora Zainudin Amali saat meminta dukungan pemerintah atas prestasi putra bangsa tersebut. Tapi, di sisi lain pembalap bernama lengkap Mario Suryo Aji ini dipuji oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat berkunjung ke Istana Wapres pada Sabtu (22/01/2022).

Kiagus Firdaus, manajernya di Indonesia mengaku sempat kesulitan mencari dukungan di Indonesia. Terutama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang tak merespons catatan prestasi Mario yang telah dilaporkannya. Tak menyerah, manajemen menembus Gubernur Jatim Khofifah dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran yang langsung memberikan reaksi positif untuk Mario.

‘’Sebagai manajernya, di awal-awal kepulangan Mario Aji ke tanah air, kami sudah menembusi Bapak Menpora langsung tapi tidak ada respons,’’ ungkap Kia, sapaan akrabnya.

Kia melaporkan secara lengkap histori Mario Aji yang telah menjadi pembalap internasional sejak 2016. Anak ketiga dari empat bersaudara itu membalap di ajang Asia Talent Cup sejak 2016-2018, berlanjut ke Eropa pada 2019-2021 di ajang Fim Cev Repsol Moto3.

‘’Dikontrak di bawah AHM Indonesia selama lima tahun, Mario menorehkan banyak prestasi dan sering naik podium,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, jika tahun ini Mario promosi dan tembus ke Moto GP di kelas Moto3 di bawah kontrak Honda Team Asia (HTA) Jepang. Mario akan membalap di 21 seri 16 negara selama satu musim 2022.

‘’Se-Asia hanya ada 3 pembalap yang direkrut HTA yaitu Indonesia, Jepang, dan Thailand,’’ imbuh Kia.

Sementara itu, saat bertemu langsung Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menjelang keberangkatan rider Astra Honda Racing Team itu kembali ke Barcelona, Spanyol, pembalap Mario Aji mendapatkan dukungan dan pujian.

“Saya atas nama pemerintah menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada semua pihak, khususnya pembalap Mario Aji, yang merupakan satu-satunya putra Indonesia yang bisa lolos pada Grand Prix Moto3 tahun 2022,” kata Ma’ruf di Jakarta, Sabtu (22/01/2022).

Mario dan rombongan pun didampingi langsung Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta bertemu Wapres Ma’ruf Amin di Istana Wapres pada Sabtu (22/01/2022).

“Kami tentu merasa bangga. Doa kami mudah-mudahan Mario bisa mencapai prestasi yang maksimal,” tambahnya.

 

  • Bagikan