Cocok untuk Mahasiswa, 8 Tips Hadapi Kuliah Masa Pandemi Versi Pembina Pondok Inspirasi

Cocok untuk Mahasiswa, 8 Tips Hadapi Kuliah Masa Pandemi Versi Pembina Pondok Inspirasi

  • Bagikan
Dr. Megawati Simanjuntak, SP, MSi, dosen ilmu keluarga dan konsumen IPB University sekaligus pembina Pondok Inspirasi/tugu jatim
Dr. Megawati Simanjuntak, SP, MSi, dosen ilmu keluarga dan konsumen IPB University sekaligus pembina Pondok Inspirasi. (Foto: Dokumen/Dr. Megawati Simanjuntak)

BOGOR, Tugujatim.id – Menjalani perkuliahan di masa pandemi ini menjadi suatu hal  yang tidak biasa bagi dosen dan mahasiswa. Ada beberapa hambatan yang harus dilewati dalam menjalankan proses perkuliahan secara daring.

Mahasiswa dan dosen perlu beradaptasi dalam melaksanakan perkuliahan di masa pandemi ini agar learning outcome dari perkuliahan tetap tercapai dan mahasiswa terbiasa dengan kondisi yang ada.

Dr. Megawati Simanjuntak, SP, MSi, dosen ilmu keluarga dan konsumen IPB University, yang sekaligus pembina Pondok Inspirasi memberikan tips bagaimana menghadapi perkuliahan daring di masa pandemi ini. Yuk simak tipsnya berikut ini.

1. Mengelola Sumber Daya yang Dimiliki

Mengelola sumber daya yang kita miliki seperti keuangan, skill, dan pengetahuan menjadi sesuatu yang penting yang perlu kita perhatikan dalam menjalani perkuliahan di masa pandemi ini.

2. Mengelola Waktu

Mengelola waktu dapat membuat  kita lebih produktif. Membagi waktu untuk kuliah, ibadah dan kegiatan lain. Jangan sampai waktu digunakan untuk bermalas-malasan dan scrolling media sosial lebih banyak daripada waktu untuk ibadah dan belajar.

“Waktu itu adalah pedang ya, kalau misalkan kita tidak bisa mengatur ya kita yang akan ditebas dan waktu itu tidak akan bisa diulang. Jadi gunakan waktu secara efektif,” tutur Megawati

3. Perbaiki Pola Tidur

Sering kali mahasiswa lupa untuk memperhatikan pola tidur yang sehat di saat pandemi ini. Untuk itu, mahasiswa harus mulai untuk mengatur jam tidur yang tepat dan menghindari tidur terlalu larut malam karena ini akan mempengaruhi kesehatan.

4. Harus Punya Things to Do

Menyusun apa yang harus kita lakukan untuk keesokan hari melalui list things to do. Buatlah daftar di malam harinya agar kegiatan di keesokan hari berjalan dengan baik dan tetap under control. Ini akan menghindarkan kita dari kebingungan untuk berkegiatan.

5. Tentukan Skala Prioritas dengan Metode ABC

ABC method ini bisa membantu kita untuk membedakan mana kegiatan yang prioritas, kurang prioritas, dan tidak penting.

6. Sisihkan Waktu untuk Me Time

Jangan sampai kita mengabaikan diri kita sendiri dengan terlalu banyak berkegiatan hingga lupa memberikan “me time.” Tapi jangan juga kita menghabiskan waktu yang berlebihan untuk “me time.”

7. Hindari Mengerjakan Tugas Mepet Deadline

Mengerjakan tugas yang terlalu dekat dengan tenggat waktu akan membuat stres dan hal ini bisa menimbulkan kelelahan dan menurunkan imun tubuh di masa pandemi ini. Kerjakanlah tugas sesegera mungkin, membuat plan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

8. Ikuti Perkuliahan dengan Serius

Walaupun kuliah secara online, ikutilah perkuliahan layaknya melakukan perkuliahan offline. Tetap mandi pagi, memakai pakaian terbaik, dan semangat dalam menjalani perkuliahan. Mengatur tempat belajar senyaman mungkin akan membantu semangat dan fokus saat menjalani perkuliahan.

Itulah beberapa tips menghadapi perkuliahan di masa pandemi ini. Terakhir Megawati memberi pesan untuk para mahasiswa agar  memanfaatkan masa menjadi mahasiswa semaksimal mungkin karena pada saat menjadi mahasiswa kesempatan itu banyak sekali. Kesempatan untuk ke luar negeri, kesempatan untuk mengikuti organisasi, mengikuti lomba, menambah pengalaman di perusahaan atau lembaga-lembaga pemerintah.

“Manfaatkan betul-betul saat menjadi mahasiswa. Jadilah pembelajar yang lincah yang tidak hanya bertumbuh tapi proaktif, inisiatif, motivated dan persisten. Ketika gagal jangan putus asa tapi kejar lagi karena kita tidak tau di percobaan ke berapa kita akan berhasil. Be produktif. Jangan terlalu santai,” tutupnya mengakhiri perbincangan.

*Penulis anggota Pondok Inspirasi

  • Bagikan