Bisnis  

Creative Hub Semarang, Galeri Pusat Sektor Kreatif Warga Jateng

semarang tugu jatim
Berbagai produk kreatif yang dipajang di Creative Hub Semarang. Foto: Wawan/Tugu Jatim

SEMARANG, Tugujatim.id – Jika Magetan, Jawa Timur, punya Jalan Sawo sebagai pusat kerajinan kulit khas daerah, Semarang, Jawa Tengah, punya Creative Hub sebagai galeri pusat semua sektor kreatif warga Jawa Tengah.

Berbagai produk kreatif hasil kolaborasi komunitas itu pula yang mewarnai rangkaian agenda pertama Media Gathering bersama Dinas Kominfo Kabupaten Magetan, pada Jumat (18/11/2022).

Rombongan yang terdiri dari puluhan jurnalis asal Magetan itu, tiba sekitar pukul 10.00 WIB. Mereka diterima langsung Kepala Dinas Perindustrian Kota Semarang, Tri Supriyanto.

semarang tugu jatim
Kepala Diskominfo Magetan, Cahaya Wijaya (kanan) bertukar cendera mata dengan Kepala Dinas Perindustrian Semarang, Tri Supriyanto (kiri). Foto: Wawan/Tugu Jatim

Creative Hub Semarang (CHS) merupakan tempat yang mewadahi komunitas pelaku ekonomi beraktifitas, berkreasi, dan kolaborasi. Letaknya cukup strategis, di kawasan Kota Lama Semarang. ‘’Lewat CHS ini para pelaku ekonomi kreatif Semarang bisa mengembangkan produk hasil kreasinya, makanya produk di sini beragam,’’ ujar Tri.

Menurutnya, keberadaan CHS semakin menggeliatkan semangat pelaku ekonomi kreatif Semarang untuk produktif. Memproduksi barang-barang yang bernilai ekonomi namun memiliki kekhasan lokal. ‘’Dari aktivitas yang termuara di sini semua bisa berjalan, ekonomi berputar, dan para pelaku ekonomi kreatif tak bingung untuk menyalurkan hasil karyanya,’’ beber Tri.

Kepala Diskominfo Kabupaten Magetan, Cahaya Wijaya berterima kasih terhadap pemerintah setempat atas sambutan dan fasilitas yang disediakan bagi rombongan Media Gathering ke tempat tersebut.

Dia menuturkan, silaturahmi itu berdampak positif bagi kemajuan Magetan. ‘’Saya yakin kegiatan ini memberikan efek positif, apalagi para jurnalis yang ikut juga antusias,’’ ucapnya.

Dia berharap, kunjungan ke CHS dapat memberikan inspirasi sehingga bermunculan ide kreatif yang tertampung dan dipamerkan. ‘’Agar mampu mengangkat produk kreatif dan wisata Magetan juga,’’ pungkasnya.