Desa Keling Bagian dari Kerajaan Kalingga? Pemdes Kediri Gelar Diskusi untuk Memperdalam Sejarah - Tugujatim.id

Desa Keling Bagian dari Kerajaan Kalingga? Pemdes Kediri Gelar Diskusi untuk Memperdalam Sejarah

  • Bagikan
Desa Keling. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)
Pemerintah desa, sejarawan, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kediri berdiskusi di Wisata Goa Jegles. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

KEDIRI, Tugujatim.id – Desa Keling yang menyimpan banyak potensi sejarah, membuat Pemerintah Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, menggelar diskusi sejarah desa pada Sabtu (22/01/2022). Acara yang berlangsung di lokasi Wisata Goa Jegles itu adalah upaya untuk memberi pemahaman tentang literasi sejarah dan peningkatan kapasitas pegiat wisata desa.

Kepala Desa Keling Rofi’i Lukman mengatakan, diskusi yang menghadirkan sejarawan Kediri Novi Bahrul Munib dan Kabid Museum dan Purbakala Disbudpar Kabupaten Kediri Eko Priatno itu membedah sejarah desa yang terletak di dekat lereng Wilis tersebut.

Desa Keling. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)
Suasana diskusi di Wisata Goa Jegles Kediri tampak gayeng. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

“Ini agar pengelola wisata desa memiliki bekal pengetahuan sejarah ketika ada wisatawan datang ke desa,” ungkap kades berblangkon itu.

Diskusi yang berlangsung hingga sekitar pukul 13.00 tersebut membahas Desa Keling yang diduga sebagai bagian peninggalan Kerajaan Kalingga dari abad-6 Masehi. Hal tersebut mengacu dari nama I Keling atau batara Keling.

“Dari potensi itu bisa kami gali, mulai gelar diskusi, artefak, dan lain-lainnya,” tambah Rofi’i.

Desa Keling. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)
Semua peserta diskusi di Wisata Goa Jegles Kediri foto bersama usai acara. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

Dia juga mengatakan akan terus mengelar diskusi lanjutan. Yaitu bekerja sama dengan universitas dan ilmuan lain untuk menggali lebih mendalam.

“Apakah Desa Keling termasuk dalam sejarah Kerjaan Kalingga yang pernah berjaya dalam masanya atau bukan,” jelasnya.

Dia berharap dengan hal tersebut dapat menjadikan desanya menjadi lebih maju, terutama dalam sejarah, budaya, dan wisata.

“Semoga dengan ini kesejahteraan masyarakat lebih meningkat,” ujarnya.

  • Bagikan