Dewanti Rumpoko Klaim Vaksinasi Remaja di Kota Batu Capai 100 Persen - Tugujatim.id

Dewanti Rumpoko Klaim Vaksinasi Remaja di Kota Batu Capai 100 Persen

  • Bagikan
Vaksinasi remaja. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meninjau vaksinasi remaja. (Foto: M. Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Akhirnya vaksinasi remaja di Kota Batu selesai juga. Bahkan, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengklaim capaian vaksinasi untuk remaja usia 12-17 tahun sudah tuntas 100 persen. Jika klaim itu benar, herd immunity di Kota Wisata ini semakin nyata.

Namun dari data yang dihimpun per November 2021, cakupan vaksinasi dosis pertama dari total 18.605 anak yang disasar, masih di angka 85,16 persen. Untuk cakupan dosis kedua masih 67,99 persen.

”Tapi kalau untuk vaksinasi remaja atau usia sekolah sudah tuntas 100 persen,” ungkap dia pada Jumat (26/11/2021).

Meski begitu, istri Eddy Rumpoko ini mengakui jika itu belum cukup untuk membentuk kekebalan massal di Kota Batu. Dia mengatakan, capaian vaksinasi umtuk masyarakat umum, terutama dosis kedua masih di angka 77 persen.

”Saya kira kita jangan bicara herd immunity dulu karena nanti akan cenderung lalai menjalankan protokol kesehatan (prokes),” tegas dia.

Dewanti mewanti-wanti masyarakat agar tetap disiplin menjalankan prokes meski situasi pandemi saat ini mulai ada tanda mereda. Pemkot Batu pun masih terus konsentrasi untuk menyelesaikan target vaksinasi, khususnya bagi warga lansia.

Saat ini Kota Batu juga sedang menunggu kepastian pemerintah pusat untuk melakuan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Sampai saat ini, vaksin yang diterima masih vaksinasi remaja usia 12-17 tahun.

Vaksinasi untuk anak-anak usia 6-11 tahun sendiri sudah mendapat izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Dalam vaksinasi untuk anak ini nanti akan berbeda. Sebab, ada jeda waktu yang diberikan untuk pemberian vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun.

  • Bagikan