Dewanti Rumpoko Ziarah ke Makam Leluhur untuk Peringati HUT Kota Batu - Tugujatim.id

Dewanti Rumpoko Ziarah ke Makam Leluhur untuk Peringati HUT Kota Batu

  • Bagikan
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko ziarah ke makam para leluhur Kota Batu, Jumat (15/10/2021). (Foto: Diskominfo KWB/Tugu Jatim)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko ziarah ke makam para leluhur Kota Batu, Jumat (15/10/2021). (Foto: Diskominfo KWB)

BATU, Kota Batu – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Punjul Santoso melakukan tradisi ziarah ke makam para leluhur saat menjelang peringatan HUT ke-20 Kota Batu, Jumat (15/10/2021).

Ziarah makam ini merupakan tradisi setiap tahun menjelang HUT Kota Batu. Ziarah diawali ke makam Wali Kota Batu pertama H. Imam Kabul di TPU Samaan, Malang, dan dilanjutkan ke makam Mbah Batu di Desa Bumiaji, makam Mbah Patok di Dusun Songgoriti, dan makam Mbah Mayangsari di Desa Pesanggrahan.

Suasana khidmat dan khusyuk begitu terasa saat rombongan Dewanti Rumpoko bersama pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan doa bersama di hadapan pusara para leluhur.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Punjul Santoso melakukan tradisi ziarah ke makam para leluhur Kota Batu, Jumat (15/10/2021). (Foto: Diskominfo KWB/Tugu Jatim)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Punjul Santoso melakukan tradisi ziarah ke makam para leluhur Kota Batu, Jumat (15/10/2021). (Foto: Diskominfo KWB)

“Hari ini kami nyekar (ziarah) ke semua tokoh-tokoh yang membangun Kota Batu, ini menjadi bentuk penghormatan warga Batu untuk tokoh-tokoh yang membangun Kota Batu,” kata Dewanti.

Suasana saat ziarah ke makam para leluhur Kota Batu dalam memperingati hari jadi Kota Batu, Jumat (15/10/2021). (Foto: Diskominfo KWB/Tugu Jatim)
Suasana saat ziarah ke makam para leluhur Kota Batu dalam memperingati hari jadi Kota Batu, Jumat (15/10/2021). (Foto: Diskominfo KWB)

Selain itu, Dewanti mengatakan, ziarah kubur ke makam para leluhur ini juga menjadi pengingat bahwa di zaman modern saat ini, jasa pendahulu harus terus diingat.

“Masyarakat di Kota Batu ini luar biasa. Saya harap, di zaman modern saat ini, keguyupan, kerukunan, kegotongroyongan, dan penghormatan kepada leluhur tetap dijaga,” imbuhnya.

  • Bagikan