Di Momen Spesial, Dr Aqua Dwipayana-Wagub Terpilih Sumbar Audy Saling Tukar Buku Istimewa - Tugujatim.id

Di Momen Spesial, Dr Aqua Dwipayana-Wagub Terpilih Sumbar Audy Saling Tukar Buku Istimewa

  • Bagikan
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saling bertukar buku dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) terpilih Audy Jonaldy periode 2021-2024. (Foto: Dok/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saling bertukar buku dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) terpilih Audy Jonaldy periode 2021-2024. (Foto: Dok/Tugu Jatim)

JAKARTA, Tugujatim.id – Momen ini adalah momen spesial saat Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saling bertukar buku dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) terpilih Audy Jonaldy periode 2021-2024. Momen penting ini diabadikan oleh pengusaha sukses Joinerri Kahar yang merupakan bapaknya Audy.

Mereka bertiga ketemu di Jakarta pada Senin siang (22/02/2021). Aqua sengaja silaturahim ke Joi, panggilan akrab Joinerri Kahar, di kantornya. Selain itu, juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Audy sebagai Wakil Gubernur Sumbar yang berpasangan dengan Mahyeldi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumbar pada Minggu (20/02/2021) menetapkan pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy sebagai peraih suara terbanyak, yakni 32,43 persen suara atau sebanyak 726.853 suara.

Peringkat kedua adalah pasangan Nasrul Abit-Indra Catri dengan memperoleh 679.069 suara atau 30,30 persen. Disusul pasangan Mulyadi-Ali Mukhni yang mendapat 614.477 suara atau 27,42 persen.

Sedangkan peringkat keempat atau terakhir adalah pasangan Fakhrizal-Genius yang memperoleh 9,86 persen atau 220.893 suara.

Dr Aqua Berikan Dua Buku Terbaru
Begitu ketemu Joi dan Audy, Dr Aqua langsung memberikan dua buku terbaru karyanya. Kedua buku itu berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”.

Kedua buku itu dicetak masing-masing 20 ribu eksemplar. Efektif dipasarkan mulai awal Januari 2021. Sampai sekarang telah terjual sekitar 14 ribu eksemplar.

Dr Aqua memperkirakan dua buku yang merupakan bagian dari buku Trilogi The Power of Silaturahim itu akan sukses di pasar. Jadi, dalam tahun ini rencananya cetak ulang dengan jumlah yang sama, masing-masing judul 20 ribu eksemplar.

“Alhamdulillah, peminat bukunya banyak. Belum genap dua bulan dipasarkan sudah terjual sekitar 14 ribu eksemplar sehingga saya merencanakan untuk mencetak ulang yang kedua dalam tahun ini,” ujar penulis banyak buku best seller itu.

Rencananya, seluruh hasil penjualan kedua buku itu akan digunakan untuk berbagai kegiatan sosial termasuk membiayai umroh sebanyak puluhan orang. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebelumnya pada 15 April 2016 lalu bersamaan dengan promosi Doktor Komunikasi Aqua di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Bandung telah diluncurkan buku pertama dari tiga buku Trilogi The Power of Silaturahim. Judulnya “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”. Awalnya ditulis dan diterbitkan dengan tujuan buat suvenir kegiatan tersebut.

Ternyata pesanan bukunya banyak sekali. Sampai sekarang sudah delapan kali cetak sebanyak 160 ribu eksemplar. Setiap cetak 20 ribu eksemplar. Buku itu masuk kategori super best seller.

Dari buku “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”, lahirlah Gerakan Umroh The Power of Silaturahim (The POS) yang dibiayai dari hasil penjualan buku tersebut. Ketua tetap rombongan umrohnya setiap tahun adalah wartawan senior Nurcholis MA Basyari.

Bergulir sejak 2017, total jamaah The POS yang dipimpin Nurcholis itu hingga kini mencapai 167 orang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang sosial-budaya, ekonomi, dan pekerjaan/profesi. Perinciannya, POS I 2017 sebanyak 35 orang, POS II 2018 (39 orang), POS III 2019 (50 orang), dan POS IV 2020 (43 orang).

Jamaah POS IV sedianya berangkat ke Tanah Suci April 2020. Namun, keberangkatan jamaah POS IV teradang oleh pandemi Covid-19 sehingga tertunda entah sampai kapan. Semoga saja pandemi ini cepat berakhir sehingga jamaah POS IV dapat segera menunaikan umroh ke Tanah Suci Makkah dan berziarah ke Masjid Nabawi di Madinah.

Hadiah Istimewa dari Audy
Begitu mendapat buku dari Dr Aqua, Audy spontan berucap.

“Saya juga barusan menerbitkan buku. Tunggu sebentar bukunya saya ambilkan. Jadi, kami bertukar buku ya Pak Aqua,” ujarnya.

Buku karya Audy yang cover-nya didominasi warna kuning berjudul “Poultrypreneur Sukses di Era 4.0 & New Normal”. Diluncurkan akhir pada 2020 lalu.

Buku itu menitikberatkan pada sisi humanis seorang entrepreneur perunggasan, berupa sikap mental, karakter, dan visi kemajuan untuk sukses di Era 4.0 dan New Normal.

Bercerita tentang perjalanan hidup Audy sehingga jadi pengusaha perunggasan yang sukses. Dikaitkan dengan kondisi pandemi Covid-19 dan era New Normal.

Di buku itu Audy menuliskan pesan khusus buat Dr Aqua. “Sehat dan sukses selalu. Terus berkarya untuk Indonesia.”

Dr Aqua sangat senang menerima buku yang langsung diberikan oleh penulisnya. Itu merupakan hadiah istimewa dari Wakil Gubernur Sumbar terpilih.

Selain mendiskusikan tentang buku, mereka bertiga ngobrol mengenai program kerja Audy dan pasangannya Mahyeldi. Dr Aqua memberikan berbagai masukan terutama yang terkait dengan kompetensinya di bidang komunikasi.

Dr Aqua menilai bahwa salah satu yang perlu menjadi prioritas dibenahi oleh pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih Mahyeldi-Audy adalah di bidang komunikasi. Baik internal maupun eksternal.

Tidak hanya memberikan masukan, tapi Dr Aqua yang mendalami ilmu komunikasi selama puluhan tahun, baik secara formal maupun informal, menyampaikan solusinya. Sehingga begitu menjabat, pasangan Mahyeldi-Audy dapat mengimplementasikannya.

“Perbaikan di bidang komunikasi itu perlu menjadi prioritas sehingga lancar melaksanakan seluruh program kerja saat telah dilantik jadi gubernur dan wakil gubernur Sumbar,” ungkap Dr Aqua.

Mereka membicarakannya secara kritis dan apa adanya. Audy sependapat dengan beberapa hal yang disampaikan Dr Aqua. Dia akan berusaha secara maksimal untuk melaksanakan berbagai masukan yang disampaikan mantan wartawan di banyak media tersebut.

“Terima kasih Pak Aqua. Bersama Buya Mahyeldi, kami insya Allah melakukan yang terbaik untuk memajukan Sumbar. Tolong Pak Aqua tetap memberikan masukan-masukan yang konstruktif kepada kami,” ujar Audy. (*/ln)

  • Bagikan