Dibanderol Rp 30 Jutaan, Matic Besar PCX160 Siap Mengaspal di Malang

  • Bagikan
Sesi riding test All New Honda PCX160 di Malang Town Square (Matos), Minggu (28/02/2021). (Foto: Azmy/Tugu Jatim)
Sesi riding test All New Honda PCX160 di Malang Town Square (Matos), Minggu (28/02/2021). (Foto: Azmy/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – MPM Honda Jawa Timur menghadirkan motor matic besar (big skuter) terbarunya, Honda PCX160, secara resmi di Malang. Performa generasi baru PCX dengan kapasitas mesin turbo 160 cc ini dikenalkan dan dijajal langsung oleh warga Malang dalam gelaran All New Honda PCX Riding Experience di Malang Town Square (Matos), Minggu (28/02/2021).

Perlu diketahui, Honda PCX160 ini hadir dengan transformasi besar-besaran. Mulai dari mesin, rangka, desain, hingga fitur penunjang yang semakin canggih. Sebut saja kapasitas mesin yang naik kelas jadi 160 cc disertai 4 katup enhanced Smart Power Plus (eSP+), dibanding PCX sebelumnya 150 cc.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Selain itu, Marketing Sales Supervisor MPM Honda Jatim Dede Hartono menambahkan, keunggulan Honda PCX160 ini juga menyematkan teknologi yang super baru dan canggih. Yakni, fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang berfungsi untuk memberikan rasa aman bagi pengendara saat melintasi jalan basah dan licin.

“Teknologi HSTC ini tidak ada di produk sebelumnya. Untuk HSTC ini khusus ada di Honda PCX160 tipe ABS dan e:HEV,” terang dia pada reporter.

Dede menambahkan, All New Honda PCX160 ini hadir dengan 3 tipe, yaitu CBS, ABS, dan e:HEV. Tipe CBS terdapat 4 warna pilihan mulai Wonderful White, Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, dan Marvelous Matte Gray.

Sedangkan untuk tipe ABS, juga ada 4 warna mulai Wonderful White, Majestic Matte Red, Briliant Black, dan Royal Matte Blue. Khusus untuk tipe ini memiliki jok two-tone serta emblem PCX dengan warna tembaga untuk tampilan yang lebih mewah.

“Sementara itu, untuk tipe e: HEV ini tepatnya adalah jenis motor Hybrid Paralel, ini sebagai opsi tertinggi (super premium) di kelasnya. Ada 1 warna saja Horizon White,” tambahnya.

Honda PCX160. (Foto: Azmy/Tugu Jatim
Honda PCX160. (Foto: Azmy/Tugu Jatim

Dengan perubahan menyeluruh pada mesin, rangka, desain, dan fitur yang semakin canggih All New Honda PCX ini, Dede berharap bisa memberikan kebanggaan dan cerminan gaya hidup pecinta skutik premium di tanah air, terutama bagi pendamba big skuter.

“Ini sebenarnya matic besar. Desain yang semula bongsor dirampingin, lalu kapasitas cc mesinnya digedein. Ini adalah bagian upaya kami menjawab kebutuhan dan permintaan pasar selama ini. Segmen produk kami semakin lengkap, semua ada,” jelas Dede.

Sejak diluncurkan resmi pada 20 Februari 2021, MPM Honda Jatim sudah berhasil menjual sekitar 2000-an unit. Angka itu menurutnya fantastis. Untuk pasar di Kota Malang, juga dirasa cukup positif dengan mendatangkan 250-300 unit.

“Saya optimistis gak muluk-muluk bisa tembus target sampai 400 unit dalam waktu dekat. Apalagi pandemi sudah jalan hampir setahun, orang sudah bosen di rumah. Saatnya berkendara dan PCX160 ini bisa jadi pilihan tunggangan terbaik,” ungkapnya.

All New Honda PCX dipasarkan dengan harga on the road (OTR) Malang Rp 30.510.500 untuk tipe CBS, Rp 33.480.500 untuk tipe ABS, dan Rp 43.965.500 untuk tipe e:HEV.

Saat pengunjung menjajal Honda PCX160 di Matos, Minggu (28/02/2021). (Foto: Azmy/Tugu Jatim)
Saat pengunjung menjajal Honda PCX160 di Matos, Minggu (28/02/2021). (Foto: Azmy/Tugu Jatim)

Terpisah, Supervisor Promosi MPM Honda Jatim Jonsen menambahkan, keunggulan PCX160 ini selain pada kapasitas mesin, juga memiliki teknologi minim gesekan sehingga memberikan sensasi kesempurnaan berkendara secara paripurna, baik saat dikendarai harian maupun turing.

All New Honda PCX160 ini juga ramah dikendarai dalam berbagai situasi, baik di perkotaan maupun jarak jauh. Dari segi perubahan ukuran ban jadi lebih lebar (ban depan 110/70-14 dan belakang 130/70-13) misalnya, diklaim membuat pengendara bisa lebih lincah dan stabil saat bermanuver.

Belum lagi ditambah dengan fitur keselamatan Anti-Lock Braking System (ABS) seperti di mobil-mobil. “Secara performa lebih meningkat dan responsif dilengkapi banyak fitur teknologi pendukung yang lengkap dan sesuai kebutuhan pasar. Secara desain pada bodi juga lebih sporty, sesuai permintaan pecinta setia Honda di Indonesia,” katanya.

Selain itu, performa mesin berkapasitas 160cc dengan 4 katup eSP+ ini, Jonsen mengatakan, mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm. Dalam mendukung performanya, All New Honda PCX160 ini mampu mengonsumsi bahan bakar mencapai 45 Km/l.

Dari segi desain, PCX160 hadir dengan desain eksklusif dengan konsep dasar PCX “Personal Comfort Saloon” yang merupakan kombinasi dari kemewahan dengan sentuhan garis dinamis yang elegan.

Tampilan baru pada LCD panel meter yang lebih lebar memberikan informasi yang semakin lengkap. Fitur informasi terbaru pada LCD panel meter ini, di antaranya indikator baterai, perawatan v-belt, dan indikator fitur HSTC pada tipe ABS dan e:HEV.

“Untuk USB charger itu juga sudah fast charging. Tanpa mengubah bentuk desain bodi, kapasitas bagasinya juga sekarang lebih besar. Kapasitas tangki bahan bakar juga lebih besar jadi 8,1 liter,” ujarnya.

 

  • Bagikan