Dikira Kayu, Warga Tuban Temukan Ular Piton di Aliran Sungai Irigasi

  • Bagikan
Warga Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban saat menangkap ular piton kembang sepanjang dua meter di aliran irigasi, Jumat (12/2/2021). (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim)
Warga Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban saat menangkap ular piton kembang sepanjang dua meter di aliran irigasi, Jumat (12/2/2021). (Foto: Moch Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Seekor ular piton kembang yang memiliki panjang dua meter ditemukan warga di dekat rumah warga yang berada di aliran sungai irigasi sawah Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jumat (12/2/2021).

Sartono, pemilik rumah mengatakan, ular piton ditemukan di sela-sela tumpukan batang kayu bakar yang kebetulan berada dekat sungai. Sebelum ditemukan, sepintas melihat barang seperti kayu di dekat lubang saluran air. Namun ia terkejut saat barang yang diduga kayu itu bergerak.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Awalnya curiga, kok ada warga kuning dan bermotif kembang di dekat kayu gerak-gerak,” kata pria yang akrab dipanggil Pak No ini.

Setelah didekati, ternyata seekor ular yang lumayan besar itu posisinya sedang melingkar. Karena khawatir diserang, akhirnya, iapun meminta tolong ke warga lainya yang sedang melintas. Dengan alat seadanya, akhirnya hewan melata ini berhasil ditangkap.

“Ini (ular, red.) sudah diamankan di karung, mulutnya juga dilakban jadi tidak melawan,” kata Aris di lokasi temuan itu.

Meskipun begitu, dirinya maupun warga setemepat, belum ada laporan terkait adanya hewan ternak atau binatang peliharaan yang dimangsa

Kendati. tidak beracun, ular jenis ini dikenal memiliki kemampuan melumpuhkan mangsanya dengan lilitan yang kuat. Pihaknya akan memelihara ular tersebut terlebih dahulu sebelum menjualnya.

“Ya siapa tahu ada yang berminat dan mau beli, kan banyak yang mencari ular seperti ini,” kata dia. (Mochamad Abdurrochim/gg)

  • Bagikan