Calonkan jadi Ketua HIPMI Jatim, Rois Maming: Mari Galang Kolaborasi untuk Geliatkan Ekonomi

  • Bagikan
Rois Sunandar Maming diusung 28 BPC HIPMI untuk maju sebagai Calon Ketua HIPMI Jatim. (Foto: Instagram/Rois Sunandar Maming) tugu jatim
Rois Maming diusung 28 BPC HIPMI untuk maju sebagai Calon Ketua HIPMI Jatim. (Foto: Instagram/Rois Sunandar Maming)

SURABAYA, Tugujatim.id – Rois Sunandar Maming, biasa dipanggil Rois Maming, merupakan sosok calon Ketua Umum (Ketum) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur (Jatim). Rois memperoleh 28 dukungan dari Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI meliputi BPC HIPMI Surabaya, BPC HIPMI Banyuwangi, BPC HIPMI Malang, BPC HIPMI Tulungangung dan BPC HIPMI Jember.

Dalam penyampaian, Rois mengatakan alasan utamanya memutuskan untuk maju sebagai Calon Ketum HIPMI Jatim ialah demi membangun kolaborasi besar dan bergerak secara strategis demi menggeliatkan ekonomi di Jawa Timur (Jatim) agar makin bergairah. Terlebih di tingkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Semangat kita semua sama, yaitu memperkuat peran HIPMI dalam menyambut momentum pemulihan ekonomi. Saatnya para pengusaha muda di Jatim menggalang kolaborasi besar dan strategis untuk kembali menggeliatkan ekonomi Jatim,” terang Rois, Kamis (11/02/2021), tatkala menyerahkan berkas registrasi Calon Ketua HIPMI Jatim pada Ketua Panitia Pengarah Musyawarah Daerah Ke-XIV Jatim, Rohmad Amrullah di Surabaya.

‘JATIM AKSI’ merupakan konsep yang diusung Rois Maming dalam Visi, Misi dan Program Kerjanya. Apakah yang dimaksud ‘JATKM AKSI’? Memiliki kepanjangan dari ‘Amanah, Kolaboratif, Solutif dan Inkusif’. Berikutnya, Calon Ketum HIPMI Jatim tersebut juga menjelaskan masing-masing aspek secara gamblang.

Rois Sunandar Maming diusung 28 BPC HIPMI untuk maju sebagai Calon Ketua HIPMI Jatim. (Foto: Instagram/Rois Sunandar Maming)
Rois Sunandar Maming diusung 28 BPC HIPMI untuk maju sebagai Calon Ketua HIPMI Jatim. (Foto: Instagram/Rois Sunandar Maming)

“Amanah, artinya akan berjuang sekeras tenaga untuk bergerak bersama memberdayakan pengusaha muda. Kolaboratif, tentu pengusaha muda tak bisa bergerak sendiri-sendiri, saling bantu, saling memberdayakan. HIPMI Jatim harus menjadi pusat kolaborasi, ‘center of collaboration‘, di mana semuanya akan membentuk ekosistem bisnis yang memperkuat daya saing ekonomi daerah,” lanjutnya.

Selain itu, Rois Maming menyampaikan konsep ‘solutif’, mempunyai makna bahwa HIPMI Jatim harus memberi solusi bagi pengusaha muda. HIPMI menjadi jembatan solusi, jalan keluar dan angin segar untuk berbagai persoalan yang ada di masyarakat. Terutama perihal ekonomi.

“Misal kita bermitra dengan perbankan untuk mencari solusi bagi pengusaha muda yang belum ‘bankable‘ tapi prospek usahanya baik. Kita juga cari solusi dengan bermitra, sama perguruan tinggi terkait penerapan teknologi bagi UMKM pengusaha muda,” ucapnya.

Sedangkan untuk pemaparan aspek ‘inklusif’, Rois Maming menyampaikan bahwa HIPMI akan mempertahankan jati dirinya, menjadi rumah bagi seluruh masyarakat. Sehingga dapat membantu dan berkontribusi juga dengan menyegarkan perekonomian di tingkat Usaha Mikro Menengah Kecil (UMKM).

“Bahwa HIPMI akan menjadi rumah bagi semua pengusaha muda. HIPMI akan mempertahankan jati dirinya sebagai organisasi terbuka yang membuka jalan bagi semua, mulai pengusaha tingkat mikro sampai pengusaha besar,” pungkasnya.

Untuk rentang waktu pengiriman berkas registrasi pencalonan Ketua HIPMI Jatim selesai dibuka pada 07-11 Februari 2021. Sehingga pada Kamis (11/02), merupakan momen penutupan pendaftaran Calon Katua HIPMI Jatim. Rois ternyata calon tunggal, tiada lagi yang daftar pencalonan.

Sebagai informasi, untuk pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Ke-XIV HIPMI Jatim akan digelar pada 24 Maret 2021 mendatang. Dengan mengundang tamu serta media, jumlah undangan terbatas, sembari tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) untuk memutus penyebaran COVID-19 di Jawa Timur. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan