Jika Stok Vaksin Melimpah, Dinkes Tuban Klaim Vaksinasi Lampaui 50 Persen - Tugujatim.id

Jika Stok Vaksin Melimpah, Dinkes Tuban Klaim Vaksinasi Lampaui 50 Persen

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban Bambang Priyo Utomo saat ditemui usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Tuban, Senin (11/10/2021). (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban Bambang Priyo Utomo saat ditemui usai Rapat Paripurna di Gedung DPRD Tuban, Senin (11/10/2021). (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban Bambang Priyo Utomo mengklaim capaian vaksinasi bisa 50 persen dalam sepekan ke depan jika stok ketersediaannya ada. Dia mengatakan, sangat optimistis mencapai target.

Hal itu diperkuat dengan banyaknya relawan tenaga entry di 311 desa dan 17 kelurahan yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Tuban.

“Kami kan sudah punya tim yang ada di desa ditambah bidan desa,” kata Bambang saat ditemui usai Rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Tuban, Senin (11/10/2021).

Mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo ini menambahkan, hingga saat ini stok vaksin yang diterima sangat terbatas. Dia melanjutkan, ini yang menjadi kendala capaian vaksinasi kurang dari 50 persen.

“Kalau ada stok vaksin, kami pasti siap,” ungkap pria berkacamata ini.

Bambang menyadari Kabupaten Tuban tidak termasuk wilayah aglomerasi yang mobilitas masyarakatnya lebih tinggi dan daerah tersebut yang menjadi prioritas pemerintah pusat.

“Karena memang stok vaksin langsung dari pusat. Provinsi dropping langsung ke kami,” terangnya.

Meski begitu, Pemkab Tuban terus berupaya dan bersinergi dengan TNI serta Polri agar stok vaksin bisa lebih banyak sehingga capaian serapannya bisa lebih tinggi.

“Bisa masuk Level 2 kan, serapan vaksinasi sekitar 50 persen dan lansia 40 persen,” tambahnya.

Untuk diketahui, saat ini serapan vaksinasi di Kabupaten Tuban telah mencapai 38 persen dosis pertama dan dosis kedua 20 persen.

  • Bagikan