News  

Diterjang Angin Kencang, 10 Pohon Tumbang di Kepanjen Kabupaten Malang

Pohon tumbang. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Petugas dan warga tampak mengevakuasi pohon tumbang di Kepanjen, Kabupaten Malang. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Peristiwa hujan deras disertai angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (19/02/2022). Akibatnya, 10 pohon tumbang hingga membahayakan pengendara yang melintas.

“Terpantau 10 titik sementara,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan saat dikonfirmasi.

Pohon tumbang. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Kondisi pohon tumbang akibat angin kencang di Kepanjen, Kabupaten Malang. (Foto: Dokumen)

Dia mengatakan, pohon tumbang terjadi di depan Mapolres Malang, depan kantor dinas pendidikan, dan di sepanjang Jalan Penarukan dan Jalan Sukoraharjo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Saat ini tengah dievakuasi pohon tumbang tersebut oleh gabungan beberapa tim.

“Yang di depan mapolres ditangani anggota polres. Sedangkan di depan kantor dinas pendidikan ditangani warga sekitar. Kemudian di sepanjang Jalan Penarukan dan Sukoraharjo ditangani gabungan Musyawarah Pimpinan Kecamatan Kepanjen, BPBD, Kodim, Dinas Bina Marga, PMI, dan masyarakat sekitar,” beber Sadono.

Sementara itu, seorang warga di sekitar Jalan Sukoraharjo bernama Adhink Ramadlan menceritakan, angin kencang terjadi sekitar pukul 12.50.

Pohon tumbang. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Kondisi lalu lintas saat terjadi pohon tumbang di Kepanjen, Kabupaten Malang. (Foto: Dokumen)

“Sekitar pukul 12.50, atap di rumah saya keangkat. Kemudian saya keluar rumah dan pohonnya sudah tumbang,” ujar Adhink.

Dia juga menjelaskan, angin kencang tersebut terjadi sangat singkat.

“Sebenarnya anginnya sebentar, mungkin cuma 5 menit, tapi sangat kencang. Tetangga-tetangga saya atap rumahnya juga keangkat semua,” tutur Adhink.

Saat ini listrik di daerah Jalan Sukoraharjo padam akibat pohon tumbang. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa dan berapa rumah yang rusak akibat angin kencang tersebut.