Diterjang Angin Kencang, Pabrik Tahu di Kota Batu Diamuk si Jago Merah - Tugujatim.id

Diterjang Angin Kencang, Pabrik Tahu di Kota Batu Diamuk si Jago Merah

  • Bagikan
Pabrik tahu. (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu/Tugu Jatim)
Petugas saat memadamkan kebakaran yang melalap habis pabrik tahu di Jalan Minsuwarso, RT 2, RW 13 No 50, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Rabu (12/01/2022). (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu)

BATU, Tugujatim.id – Bencana kebakaran terjadi di Kota Batu pada Rabu malam (12/01/2022). Kebakaran ini melalap habis pabrik tahu di Jalan Minsuwarso, RT 2, RW 13 No 50, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Akibat peristiwa itu, bangunan pabrik seluas 30 m² milik M. Salim ini rusak hampir di seluruh bagian. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu menuturkan, angin kencang diduga menjadi penyebab utamanya.

”Aktivitas di pabrik tahu pada siang hari diperkirakan menyisakan sisa bara api di tungku pembakaran. Embusan angin membuat sisa bara api merambat dan mengakibatkan bangunan pabrik tahu terbakar,” kata dia.

Pabrik tahu. (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu/Tugu Jatim)
Petugas PMK Kota Batu melakukan pendinginan di pabrik tahu pada Rabu (12/01/2022). (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu)

Dia melanjutkan, kerusakan akibat peristiwa ini membuat seluruh bagian bangunan pabrik tahu terbakar dan rusak berat. Menurut dia, perkiraan kerugian yang diderita pemilik pabrik mencapai Rp 35 juta. Saat ini, api sudah berhasil dipadamkan.

”Kami lakukan penyemprotan dan pendinginan di lokasi bangunan yang terbakar,” kata dia.

Pabrik tahu. (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu/Tugu Jatim)
Para petugas yang siaga memadamkan api saat kebakaran melanda pabrik tahu pada Rabu (12/01/2022). (Foto: Pusdalops BPBD Kota Batu)

Selain kebakaran, bencana angin kencang juga membuat sebuah bangunan rumah roboh di tempat lainnya. Lokasinya ada di Jl Hasanudin RT 2 RW 7, Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo.

Rumah milik warga bernama Rizal tersebut memiliki dimensi panjang 10 meter dan tinggi 2,5 meter. Ambruknya dinding rumah ini juga membuat rumah tetangga milik Sunarto ketimpa apesnya. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

  • Bagikan