Pria di Pasuruan Pilih Curi Kotak Amal Masjid untuk Bayar Kopi - Tugujatim.id

Pria di Pasuruan Pilih Curi Kotak Amal Masjid untuk Bayar Kopi

  • Bagikan
Kotak amal. (Foto: Tangkapan layar CCTV masjid/Tugu Jatim)
CCTV merekam aksi pencurian kotak amal masjid oleh seorang pria di Pasuruan. (Foto: Tangkapan layar CCTV masjid)

PASURUAN, Tugujatim.id – Aksi seorang pria di Pasuruan ini sungguh tidak terpuji. Sebab, dia mencuri kotak amal masjid dan terekam CCTV. Peristiwa pencurian kotak amal itu terjadi di Masjid Al Muttaqin, Desa Kedungboto, Beji, Kabupaten Pasuruan, Selasa (11/01/2022). Mirisnya, pria tersebut diduga nekat mencuri kotak amal masjid hanya untuk membayar kopi.

Dalam rekaman CCTV, sekitar pukul 14.00 WIB, terlihat pria berjaket biru dan bersarung cokelat itu memasuki masjid.
Setelah memastikan kondisi masjid sepi, pria itu dengan santai mencuri kotak amal masjid dan langsung melarikan diri. Akibatnya, uang Rp 75 ribu dari kotak amal milik masjid pun hilang.

Kanit Reskrim Polsek Beji Iptu Parlan mengatakan, identitas pencuri kotak amal masjid adalah Muhammad Safkian, 30, warga asal Oro-Oro Ombo Wetan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan.

“Warga sekitar melapor karena tidak ingin aksi pencurian terulang lagi. Setelah diselidiki, Safkian kami tangkap di rumahnya,” ujar Parlan saat dikonfirmasi Kamis (13/01/2022).

Dia mengatakan untuk motif nekat mencuri kotak amal masjid hanya untuk membayar kopi dan uang jajan.

“Motif pelaku ngakunya cuma dipakai ngopi dan beli jajan,” ungkapnya.

Parlan menambahkan, setelah ditangkap, pelaku tidak digelandang ke Mapolsek Beji. Tapi, dia dipertemukan dengan pihak takmir masjid dan perangkat desa Kedungboto untuk dimediasi. Selain nominal uang yang dicuri tidak banyak, diduga Safkian juga mengidap gangguan jiwa.

“Karena BB (barang buktinya, red)-nya sedikit dan pelaku diduga mengalami gangguan jiwa, takmir dan pemerintah desa sepakat menyelesaikan dengan restorative justice,” imbuhnya.

Setelah itu, disepakati pelaku menandatangani surat bermeterai dan mengembalikan uang senilai Rp 75 ribu yang dicurinya kepada takmir masjid.

  • Bagikan