KEDIRI, Tugujatim.id – Salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang merupakan kewajiban seorang dosen adalah pengabdian kepada masyarakat. Kewajiban ini pun dilaksanakan tim dosen PSDKU Polinema beserta mahasiswa di Kota Kediri dengan cara mengaplikasikan keahlian yang dimiliki untuk membantu masyarakat di sekitar kampus melalui “Sahrul Home Car Care”.
Untuk diketahui, Sahrul Home Car Care merupakan salah satu UMKM yang bertempat di Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, yang bergerak di bidang jasa service kendaraan roda 4 dengan sistem offline dan home care.
Sahrul, 24, pemilik usaha, mengatakan, banyak usaha skala kecil di masa pandemi Covid-19 gulung tikar akibat imbauan dari pemerintah agar tetap di rumah saja (stay at home). Karena itu, semula cukup banyak pelanggan yang datang ke workshop untuk service kendaraannya, tapi karena situasi pandemi yang begitu mencekam akhirnya banyak pelanggan yang takut keluar rumah.
“Benar-benar sepi bengkel kami selama pandemi ini,” ujar Sahrul.
Salah satu upaya untuk menyambung roda ekonomi bengkel ini adalah menggunakan sistem home care. Melihat permasalahan ini, dosen PSDKU Polinema di Kota Kediri, terdiri dari dosen akuntansi dan manajemen informatika bekerja sama untuk membantu Sahrul membangun aplikasi berbasis web guna meningkatkan jangkauan advertensi “Sahrul Home Car Care”.
Dengan digitalisasi marketing ini, dosen PSDKU Polinema berharap dapat memperluas jaringan informasi layanan-layanan jasa “Sahrul Home Car Care”.
“Kami berupaya membantu memperluas jaringan advertensi dengan menerapkan teknologi informasi. Harapannya, keuntungan yang didapatkan juga meningkat,” kata salah satu dosen Akuntansi PSDKU Polinema di Kota Kediri.
Aplikasi berupa web company profile yang dibangun dapat diakses pada alamat ini. Web tersebut menyediakan fitur untuk menampilkan layanan jasa “Sahrul Home Car Care” dan dilengkapi dengan teknologi API WhatsApp. Jika calon customer ingin memilih paket perawatan kendaraan, akan dihubungkan langsung ke WhatsApp admin.
Untuk membantu pengelolaan media advertensi ini, tim dosen PSDKU Polinema melakukan pelatihan penggunaan aplikasi ini pada Jumat (09/09/2022). Pada saat pelatihan berlangsung, admin “Sahrul Home Car Care” secara mudah memahami alur penggunaan aplikasi karena memang yang dibangun merupakan sistem yang user friendly.
“Cukup mudah digunakan, saya tinggal mengelola layanan jasa apa saja yang ditawarkan dan mengganti nomor yang bisa dihubungi,” ujar Novi, 26, admin “Sahrul Home Car Care”.
Anda berada di area Karesidenan Kediri dan berminat service mobil di rumah? Silakan akses http://kedirihomecarcare.online/.