News  

DPC PDIP Tuban Jaring Bakal Calon Legislatif untuk Pemilu 2024

pdi perjuangan tugu jatim
Petugas admin PDI Perjuangan melayani pendaftaran kader yang ikut penjaring Bacaleg untuk bertarung di Pemilu 2024. Foto: Dila

TUBAN, Tugujatim.idDPC PDIP Tuban melakukan penjaringan atau pendaftaran Bakal Calon Legilatif (Bacaleg) untuk DPRD Kabupaten Tuban, pada hari ini, Minggu (25/9/2022).

Penjaringan tersebut sebagai langkah taktis partai berlogo banteng ini untuk menyiapkan diri menghadapi Pemilu pada tahun 2024.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Tuban, Tulus Setyo Utomo mengatakan bahwa antusias kader dalam penjaringan ini cukup besar. Banyak kader potensial yang telah menyatakan diri siap bertarung pada Pemilu 2024.

“Sampai dengan sore hari ini antusias seluruh kader yang mengikuti penjaringan sangat luar biasa, dari kuota 50 Bacaleg yang akan ditugaskan pada semua Dapil, saat ini sudah mendaftar melebihi kuota,” ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDIP Tuban, Sandy Ariyanto menambahkan bahwa partai yang saat ini memiliki lima kursi di DPRD Tuban ini, optimis dapat meraih kesuksesan dan kemenangan pada Pemilu 2024 yang akan datang.

“Dengan antusiasnya kader dan masyarakat yang mengikuti penjaringan Bacaleg PDIP, saya yakin target kemenangan Pemilu 2024 tercapai, baik pileg maupun pilpres,” ujarnya.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Tuban, Andhi Hartanto mengatakan bahwa tahapan penjaringan ini sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Mulai konsolidasi internal, eksternal, sosialisasi tahapan pemilu, hingga pengusulan serta penjaringan Bacaleg baik untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten.

Menurutnya, sesuai mekanisme kepartaian yang diatur di Peraturan Partai 25 A 2018, minggu lalu DPC  PDIP Tuban telah mengajukan usulan untuk Bacaleg DPR RI Dapil IX dan Bacaleg DPRD Provinsi Dapil XII Tuban Bojonegoro.

Untuk Bacaleg DPR RI, DPC PDIP Tuban mengusulkan nama H Abidin Fikri. Sedangkan untuk Bacaleg DPRD Provinsi ada nama Moch Abu Cholifah, Go Tjong Ping, dan Eny Kristyawati.

“Untuk hari ini DPC (PDIP Tuban) melakukan penjaringan Bacaleg DPRD Kabupaten Tuban, baik melalui usulan dari PAC, maupun dari kader, anggota, simpatisan, dan tokoh masyarakat yang mendaftar langsung di kantor DPC,” kata salah satu pimpinan DPRD Tuban ini.

Selanjutnya, nama-nama yang masuk dalam penjaringan, akhir bulan ini akan disampaikan kepada DPD dan DPP partai untuk dilakukan penyaringan sesuai mekanisme kepartaian.