Dr Aqua Bicara tentang Zona Integritas di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor - Tugujatim.id

Dr Aqua Bicara tentang Zona Integritas di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor

  • Bagikan
Dr Aqua. (Foto: Dr Aqua Dwipayana-Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana melakukan sharing komunikasi dan motivasi pada Jumat sore (24/06/2022).(Foto: Dr Aqua Dwipayana)

BOGOR, Tugujatim.id – Predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) merupakan gerbang awal dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. Hal ini akan menjadi bagian dari tema Sharing Komunikasi dan Motivasi yang disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada Jumat sore (24/06/2022).

“Tema ini sangat penting sebagai bagian dari upaya meningkatkan spirit dan motivasi seluruh unsur di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bogor,” ungkap Dr Aqua.

Motivator laris itu akan berbicara kepada jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor dengan materi bertajuk “Mewujudkan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM pada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor” pada Jumat sore (24/06/2022) di Ruang Pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor Jl. Ahmad Yani No. 19 Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat.

Dr Aqua mendapat undangan langsung dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor Henki Irawan A.Md.Im, S.H, M,H. Bapak lima anak itu sangat berterima kasih atas kesediaan Dr Aqua untuk hadir dan menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya. Itu sesuai keinginannya selama ini.

“Apalagi, saya tahu, betapa jadwal dan aktivitas Dr Aqua yang sangat padat dan sibuk. Alhamdulillah, meski beliau baru saja datang dari Padang tapi berkenan hadir memenuhi undangan kami untuk mendorong kinerja Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor lebih baik lagi. Juga memberikan bekal pemahaman komunikasi kepada jajaran kami,” kata Henki.

Satu hal yang unik, selama 17 tahun melaksanakan silaturahim ke berbagai penjuru Tanah Air dan mancanegara serta memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi ke berbagai perusahaan, lembaga, organisasi, dan banyak kalangan, baru kali ini Dr Aqua bisa kembali ke kediamannya di Kota Bogor pada pagi hari. Biasanya, pria ramah dan santun yang hobi silaturahim ini baru bisa datang ke rumahnya pada Jumat malam. Bahkan pernah selama tiga minggu tidak pulang ke Bogor.

Sebelumnya pada Senin (20/6/2022) Dr Aqua di Harian Haluan Padang, memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Di koran tertua di Sumbar yang sampai sekarang masih terbit, motivator ulung itu bicara sekitar tiga jam.

Dr Aqua datang atas undangan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Haluan Friheddapinta yang akrab dipanggil Pinto Janir. Saat diskusi formal dan informal hampir lima jam itu hadir Pemimpin Umum/Penanggung Jawab Zul Efendi dan Pemimpin Redaksi Revdi Iwan Syahputra.

“Koran Haluan yang pada 1 Oktober 2022 ini genap 74 tahun merupakan kebanggaan dan aset warga Sumbar. Potensinya masih ada untuk dikembangkan asal semua pegawainya kompak dan yakin dapat mewujudkan itu,” ujar Dr Aqua.

Setelah itu Selasa pagi (21/6/2022) atas undangan Area Head Bank Mandiri Area Padang Yorinaldi, Dr Aqua memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di kantornya di Jalan Bagindo Azis Chan No 12 Padang. Acaranya adalah rapat Akselarasi Mingguan dengan para Kepala Cabang serta Kepala Unit Bisnis serta Manager Area yang jumlahnya hampir 60 orang. Pelaksanaannya luring dan daring.

“Jika Pak Aqua ada waktu dan berkenan silakan hadir untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Pasti bermanfaat buat mereka,” ujar bapak Yorinaldi saat mereka ketemu di Hotel Tuntrum Padang pada Senin malam (20/6/2022).

Dr Aqua langsung menyambut rezeki yang mendadak tersebut. Kesempatan emas itu tidak disia-siakannya.

“Insya Allah saya siap melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajaran Bapak. Undangan Pak Yorinaldi suatu kehormatan buat saya. Sekaligus kesempatan buat saya untuk banyak belajar pada Bapak dan seluruh yang hadir,” ungkap Dr Aqua.

Dalam acara yang bertajuk “Meninggalkan Zona Nyaman untuk Mewujudkan Kinerja Terbaik di Bank Mandiri Area Padang” itu Dr Aqua membahas antara lain upaya meraih semua peluang dan potensi yang ada. Komunikasi menjadi “senjata” utamanya.

Laksanakan Optimal

Jumat tadi pagi dengan penerbangan pertama dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di wilayah Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar Dr Aqua naik pesawat Super Air Jet menuju ke Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Setelah lima hari berada di provinsi itu dengan agenda yang padat sekali.

“Alhamdulillah, saya terbang dari BIM dengan penerbangan paling pagi sehingga sebelum sholat Jumat sudah sampai di Bogor. Perjalanan dari Padang ke Bogor lancar sekali,” ujar bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana.

Setelah sebentar beristirahat, Dr Aqua akan kembali menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor. Ini amanah dan kehormatan baginya, sehingga berusaha melaksanakannya secara optimal.

Dr Aqua menegaskan dirinya sudah meniatkan sekitar 95 persen sisa hidupnya akan digunakan untuk bersilaturahim dan berupaya menebar kebaikan ke berbagai kalangan. Sisanya yang lima persen untuk kegiatan yang lain.

”Hal ini sudah saya niatkan sejak belasan tahun lalu,” kata penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim tersebut yang juga sudah memotivasi satu juta orang lebih di 34 provinsi dan puluhan negara.

Banyak Prestasi

Selama ini Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor telah menorehkan banyak prestasi. Keberadaannya telah membantu masyarakat Bogor dan sekitarnya terutama untuk berbagai urusan keimigrasian.

Berikut adalah penghargaan yang diterima oleh Kantor Imiggrasi Kelas 1 Non TPI Bogor; 2017: 1. Penghargaan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor dari Menteri Hukum dan Ham RI, capaian penegakan hukum keimigrasian di bidang penanganan pro justitia terbanyak I, kategori Kantor Imigrasi Kelas I, 2. Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, dukungan dalam melakukan penegakan hukum karantina sesuai UU Nomor 16 tahun 1992, 3. Kanwil Kemenkumham Jawa Barat sebagai UPT yang melaksanakan upaya pencegahan TKI nonprosedural terbanyak.

Pada 2019: 1. Menteri Hukum dan Ham RI dalam kinerja pengelolaan anggaran terbaik dengan indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) akhir, 2. dalam rangka Hari Bhakti Imigras sebesar 99,01 kategori Kantor Imigrasi Kelas I KPPN Bogor sebagai peringkat kedua terbaik capaian IKPA semester II tahun anggaran 2018 kategori satker pengelola pagu besar, 3.Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai Unit Kerja Pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Sedangkan pada 2020: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai Unit Kerja yang telah melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM; 2021: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai unit kerja yang telah melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM tahun 2021. (*)

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan