Dr Aqua Dwipayana: Perkuat Komunikasi untuk Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan - Tugujatim.id

Dr Aqua Dwipayana: Perkuat Komunikasi untuk Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Bagikan
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana (duduk paling kanan) bersama peserta Apel Gelar Kesiapsiagaan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 di Kota Dumai. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana (duduk paling kanan) bersama peserta Apel Gelar Kesiapsiagaan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 di Kota Dumai. (Foto: Dokumen)

DUMAI, Tugujatim.id – Potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Dumai dan sekitarnya setiap tahun cukup besar. Apalagi di daerah ini banyak lahan gambut yang mudah terbakar. Untuk mengantisipasi dan menghadapi itu semua pihak terkait perlu memperkuat komunikasi terutama aktif melakukan koordinasi.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyampaikan hal itu di depan ratusan peserta Apel Gelar Kesiapsiagaan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 di lapangan Kodim 0320/Dumai Jalan Sultan Syarif Khasim Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, kota Dumai, Riau, pada Jumat pagi, 10 September 2021 lalu.

Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Irdhan memimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 di Kota Dumai. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Irdhan memimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 di Kota Dumai. (Foto: Dokumen)

Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Irdhan memimpin acara tersebut. Bapak dua anak itu mewakili Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed.

Hadir dalam acara yang sangat penting itu para anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Dumai dan yang mewakili. Juga tokoh masyarakat.

Mereka antara lain Asisiten 1 Pemerintah Kota Dumai Yufrizal, Kapolres Dumai AKBP M. Kholid, Dansatradar 232/Dumai Letkol Lek M. Fatahillah, Danden Rudal 004/Dumai Mayor Arh Guntar Risna, Pasi Intel Lanal Dumai Mayor Mar Roqi Munthazar Harahap, Kepala Pengadilan Dumai Hendri Tobing, dan Kajari Kota Dumai Agung Nugroho.

Juga Dankipan A Yonif 132/BS Kapten Inf Putra Zendrato, Kepala Keamanan Pertamina Dumai Letkol Purn Dedi Sugiri, dan Ketua Kerapatan adat LAMR kota Dumai Datuk Seri Atan Ujang.

Acaranya persis dimulai pukul 09.00. Setelah menerima laporan, Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Irdhan membacakan sambutan Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed.

Dr Aqua yang pagi itu tiba di kantor Kodim 0320/Dumai dari Pekanbaru langsung diminta Irdhan untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Bapak dari Nayla Khaadeja Alyraisa dan Evander Zahir Ghibran ini mengatakan sayang sekali jika kehadiran motivator ulung tersebut tidak dimanfaatkan untuk memotivasi seluruh peserta apel.

Sementara tujuan Dr Aqua adalah silaturahim. Sekaligus mau banyak belajar pada suami dr. Satria Prihandini tersebut. Sebelumnya pada Kamis malam, 9 September 2021 pria yang tinggal di Bogor, Jawa Barat itu menemui orangtua Irdhan, Prof. Dr. H. K. Suheimi, SpOG (K) di Pekanbaru.

“Rasanya sayang sekali saat Pak Aqua ada di sini tidak melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh peserta Apel Gelar Kesiapsiagaan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021. Meski hanya sebentar pasti semua yang disampaikannya sangat bermanfaat,” ujar Irdhan.

Begitu diminta Irdhan untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua langsung menyanggupinya. Apalagi saat Letjen TNI Purn Doni Monardo masih menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung itu telah sering melakukan hal serupa baik di wilayah Sumatera maupun Kalimantan.

Melibatkan Masyarakat

Dr Aqua melanjutkan karena kejadian serupa diperkirakan setiap tahun bakal terjadi maka semua pihak yang terlibat perlu bersama-sama mengantisipasinya. Belajar dari tahun-tahun sebelumnya saat menangani kebakaran hutan dan lahan.

“Tentunya semua pengalaman di tahun-tahun sebelumnya saat menangani kebakaran hutan dan lahan sangat bermanfaat untuk dijadikan acuan menghadapi kejadian serupa pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Sehingga dari waktu ke waktu makin dieleminir, bukan sebaliknya,” tegas anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini.

Terkait dengan itu Dr Aqua mengingatkan agar kegiatan Apel Gelar Kesiapsiagaan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2021 jangan dianggap sebagai acara serimoni belaka. Jika menyimak sambutan Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M. Syech Ismed yang dibacakan Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Irdhan penuh dengan makna dan isinya mendalam sekali.

  • Bagikan