Awas Situs Palsu PeduliLindungi! Data Pribadi Bisa Dibajak - Tugujatim.id

Awas Situs Palsu PeduliLindungi! Data Pribadi Bisa Dibajak

  • Bagikan
Tangkapan layar situs resmi PeduliLindungi yang bisa diakses di www.pedulilindungi.id. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Tangkapan layar situs resmi PeduliLindungi yang bisa diakses di www.pedulilindungi.id. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Belum lama ini telah beredar situs palsu peniru website pemantauan dan pelacakan Covid-19, PeduliLindungi. Situs palsu dengan tautan www.pedulilindungia.com tersebut memiliki nama, tampilan, dan fitur yang sama persis dengan situs asli.

PeduliLindungi palsu ini juga mempromosikan jual beli vaksin seharga Rp 1 juta, bahkan mencantumkan rekening BCA atas nama Nurmainah.

Melansir dari situs resmi Satgas Penangan Covid-19, Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi menglarifikasi bahwa situs dengan tautan tersebut adalah palsu. Situs resmi asli dari PeduliLindungi adalah www.pedulilindungi.id. Masyarakat diimbau mengunduh aplikasi PeduliLindungi resmi di App Store dan Google Play Store.

Infografis bahaya situs palsu PeduliLindungi. (Ilustrator: Oky Dwi/Tugu Jatim)
Infografis bahaya situs palsu PeduliLindungi. (Ilustrator: Oky Dwi/Tugu Jatim)

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang berguna untuk membantu pemerintah dalam melakukan screening, tracing, dan penegakan protokol kesehatan guna mengontrol penyebaran Coronavirus Disease. Selain itu aplikasi ini juga digunakan masyarakat untuk mengetahui informasi vaksin terkini, mengakses sertifikat vaksin bagi masyarakat yang sudah melakukan vaksin, hingga memantau kondisi terkini penyebaran virus Covid-19 di daerah sekitar.

Dengan adanya situs palsu masyarakat haruslah waspada, karena siapa saja bisa terjebak dan data personal yang dimasukan ke dalam situs palsu akan disalahgunakan dan tentunya akan menimbulkan kerugian.

Agar terhindar dari berita hoaks dan situs palsu, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan kebenaran informasi dengan:

1. Kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500
2. Cek di situs Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.
3. Cek dan buktikan hoaks terkait COVID-19, kunjungi https://s.id/infovaksin

Untuk informasi terkait Covid-19 kunjungi situs resmi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/ dan https://s.id/infovaksin

  • Bagikan