Dr Aqua Dwipayana Tiba-Tiba Diminta Memotivasi Ratusan Nakes TNI - Tugujatim.id

Dr Aqua Dwipayana Tiba-Tiba Diminta Memotivasi Ratusan Nakes TNI

  • Bagikan
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di akademi militer. (Foto: Irham Toriq/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di akademi militer. (Foto: Irham Toriq/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Meski jadwal Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana begitu padat untuk memotivasi ratusan prajurit dan pengurus Persit Kodam IV/Diponegoro di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta, tapi mendadak dia diminta melakukan kegiatan serupa kepada ratusan tenaga kesehatan (nakes) TNI yang sedang melaksanakan pendidikan di akademi militer. Karena masih memungkinkan untuk melakukannya sehingga Pak Aqua langsung menyatakan kesediaannya.

Gubernur Akademi Militer Mayjen TNI Totok Imam Santoso yang menghubungi Dr Aqua pada Senin sore (18/01/2021) untuk meminta kesediaannya melaksanakannya. Waktu itu dia baru saja selesai melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kodim Kebumen.

“Pak Aqua saat ini sedang dilaksanakan pendidikan untuk ratusan tenaga kesehatan TNI. Mereka sekitar 7 bulan belajar di akademi militer. Terkait dengan itu, apakah Pak Aqua bersedia memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada mereka? Waktunya pada Rabu lusa (20/01/2021),” ujar Totok lewat telepon.

Dr Aqua senang sekali dengan amanah yang mendadak tersebut. Namun, dia tidak langsung memberikan jawaban. Dia minta waktu ke Totok untuk melihat jadwalnya dulu.

Sekitar lima menit kemudian Dr Aqua mengontak Totok. Menginfokan bahwa Rabu pagi (20/01/2021), pukul 09.00, dia siap melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi memenuhi undangan Totok. Itu dilakukannya setelah melakukan kegiatan serupa di Kodim Magelang.

“Pak Totok, bagus sekali rencana memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada ratusan tenaga kesehatan TNI. Selama ini salah satu kelemahan dari sebagian paramedis kita, termasuk dokter, adalah di bidang komunikasi. Hal itu membuat sampai sekarang masih banyak orang Indonesia yang berobat ke luar negeri, termasuk Singapura dan Malaysia,” ungkap Dr Aqua.

Bapak dua anak itu menambahkan, senang sekali dengan amanah yang diberikan untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan ratusan tenaga kesehatan TNI. Kegiatan tersebut akan dioptimalkannya agar memberi manfaat kepada seluruh peserta.

Sangat Bermanfaat untuk Semua Peserta
Sebelumnya Dr Aqua sudah sering Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada para dokter di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dia selalu menekankan agar selain menguasai tentang medis sesuai disiplin ilmunya, juga mendalami komunikasi secara komprehensif sehingga memperlancar komunikasi dengan semua pihak, terutama para pasien.

Secara terpisah, Komandan Sekolah Perwira Prajurit Karier TNI Kolonel Inf Ruddy Hermawan menyambut gembira kesediaan Dr Aqua memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada 164 orang tenaga kesehatan TNI yang sedang ikut pendidikan. Menurut dia, pembengkalan yang bakal diberikan sangat bermanfaat untuk semua peserta.

Menurut Ruddy, Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI merupakan
pendidikan khusus bagi warga negara Republik Indonesia yang terpilih lulusan
pendidikan tinggi (diploma/sarjana) untuk menjadi seorang prajurit karier TNI (TNI-AD,
AL, dan AU) yang berpangkat letnan dua (letda).

Disebut prajurit karier (PK) karena mereka adalah prajurit sukarela yang menjalani ikatan dinas keprajuritan secara purna waktu berdasarkan ikatan dinas untuk jangka waktu tertentu paling singkat adalah 5 tahun. Sumber prajurit adalah dari para mahasiswa (diploma/sarjana) sesuai dengan program studi yang dibutuhkan TNI yang nantinya akan mengisi jabatan sesuai profesi/keahlian masing-masing di satuan TNI di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (riq/ln)

  • Bagikan