Elon Musk Umumkan Pembangunan Robot Humanoid, Siap Gantikan Kerja Manusia

Elon Musk Umumkan Pembangunan Robot Humanoid, Siap Gantikan Kerja Manusia

  • Bagikan
Tangkap layar foto robot humanoid yang sedang dibangun oleh Elon Musk/tugu jatim
Tangkap layar foto robot humanoid yang sedang dibangun oleh Elon Musk. (Foto: SC official website www.tesla.com)

Tugujatim.id – Industrialis terkemuka asal Amerika Serikat (AS), Elon Reeve Musk atau lebih dikenal dengan Elon Musk baru saja mengumumkan proyek pembangunan robot humanoid.  Robot yang dinamai ‘Tesla Bot’ diumumkan di AI event day pada hari Kamis (19/08/2021).

Ditemani dengan peragawan yang kelak memamerkan rupa dari Tesla Bot sendiri, Elon Musk mengatakan bahwa perusahaannya telah menyiapkan sensor serta baterai untuk membuat robot humanoid. Sementara untuk prototipenya baru akan siap tahun depan.

Adapun desain Tesla Bot digambarkan berbadan manusia setinggi 172 sentimeter dan berat 56 kilogram. Warnanya hitam di bagian kepala sampai atas dada dan warna putih sampai ke bagian kaki.

Dalam presentasi yang dipaparkan CEO Tesla Inc. tersebut, robot ini akan memiliki kamera autopilot di kepala. Menggunakan chip dan sensor yang sama seperti pada mobil otomatis buatan Tesla. Lalu dapat membawa beban 20 kilogram serta mengangkat beban 150 kilogram.

Tesla Bot juga dapat berlari dengan kecepatan 8 kilometer per jam. Bahkan, robot ini digembar-gemborkan bertujuan untuk menggantikan pekerjaan rutinitas yang paling tidak disukai manusia.

Manusia robot mungkin sudah menjadi hal biasa yang sering ditemukan dalam cerita fiksi berbau sains. Namun menciptakan robot nyata mirip manusia untuk dapat melakukan tugas-tugas manusia sendiri terbukti sangat sulit.

Memang kecerdasan buatan (artificial intelligence) sekarang ini mengalami peningkatan yang pesat. Namun demikian belum mumpuni untuk menyamai manusia. Dilansir dari CNN, kecerdasan buatan saat ini masih jauh di belakang kemampuan balita manusia, sehingga robot-robot yang kita kenal sekarang hanya bisa melakukan tugas-tugas yang sederhana.

Di akhir penyampaiannya, Elon Musk mengatakan bahwa kehadiran robot ini kelak akan mengubah ekonomi dunia karena mengatasi kekurangan biaya kerja.  Ia bahkan bercanda bahwa robot itu akan bersifat ramah kepada manusia.

  • Bagikan