Man City 2-1 Borussia Dortmund, Erling Haaland Tiru Gol Cantik Cruyff di Liga Champions

Erling Haaland. (Foto: IG @mancitynewsnow/Tugu Jatim)
Haaland saat diapit para pemain Borussia Dortmund hingga mencetak gol cantik pada Kamis (15/09/2022) di Stadion Etihad. (Foto: IG @mancitynewsnow)

Tugujatim.id – Manchester City menjamu Borussia Dortmund pada matchday kedua Grup H Liga Champions 2022/2023. Bermain di Stadion Etihad pada Kamis dini hari (15/09/2022), Man City menang lewat jalur comeback saat berjumpa Dortmund di Liga Champions. Striker Man City Erling Haaland pun membuktikan diri bisa mencetak gol cantiknya di udara.

“Mereka tidak menghentikan saya untuk mencetak gol,” ujar Erling Haaland usai Manchester City menang atas Borussia Dortmund.

Selama lebih dari 80 menit, Dortmund telah membuat mantan bintang mereka diam. Dia hanya memiliki 26 sentuhan dalam permainan paling sedikit dari pemain mana pun. Tapi, itu tidak menghentikannya untuk mencetak gol.

Hasil akhir, di mana Erling Haaland mengempaskan dirinya melintasi bola dan melakukan tendangan voli dengan kaki kiri melewati kiper Alex Meyer, bisa dibilang yang terbaik dari 13 golnya dalam sembilan pertandingan untuk Man City sejauh ini.

Gol itu pun menuai pujian dari manajernya, Pep Guardiola, yang membandingkan Haaland dengan mantan pelatih Barcelona Johan Cruyff.

Untuk diketahui, dalam pertandingan melawan Atletico Madrid pada 1973, Cruyff melompat ke udara di luar tiang jauh, mengalihkan umpan silang ke gawang dari sudut yang sangat tajam dengan bagian luar tumit kanannya setinggi dada.

Dikenal sebagai phantom goal, itu adalah salah satu gol paling terkenal dari pemain Belanda itu- dan yang Guardiola rasa Haaland telah mereplikanya dengan sempurna.

“Saya ingat sekali dulu di Barcelona Johan Cruyff mencetak satu gol yang sangat mirip melawan Atletico Madrid. Sangat bagus Erling meniru Johan Cruyff,” katanya.

Haaland kini telah mencetak 26 gol dalam 21 penampilan Liga Champions. Rata-rata satu gol setiap 62 menit.

Sementara itu, mantan bek Manchester United dan Inggris Rio Ferdinand mengatakan melalui BT Sport.

“Yang saya sukai dari dia adalah banyak striker akan panik ketika mereka tidak mendapatkan banyak bola. Dia tenang dan hanya berpikir, saya ingin gol. Semua tentang produk akhir dan permainan pemenang untuk Haaland,” ungkapnya.

Bagi Dortmund, setelah sempat memimpin melalui Jude Bellingham pada menit ke-56 dan menahan Haaland cukup lama, ini adalah kekalahan yang sulit diterima. Man City mampu membalas dan membalikkan kemenangan lewat John Stones di menit ke-80, dan Haaland di menit ke-84.

Kemenangan 2-1 membuat Man City memimpin Grup G dengan 6 poin dari dua laga. Sementara Dortmund tertahan di posisi dua dengan tiga poin, disusul FC Kopenhagen dan Sevilla, yang sama-sama baru meraih satu poin.