Fans Kpop Harus Bangga, Sebab Paham Budaya Korea Punya Banyak Manfaat - Tugujatim.id

Fans Kpop Harus Bangga, Sebab Paham Budaya Korea Punya Banyak Manfaat

  • Bagikan
Blackpink, girlband asal Korea Selatan yang banyak memiliki fans Kpop di seluruh penjuru dunia, salah satunya Indonesia.
Blackpink, girlband asal Korea Selatan yang banyak memiliki fans Kpop di seluruh penjuru dunia, salah satunya Indonesia. (Foto: Wikipedia)

Korea Selatan sukses membawa pengaruh signifikan ke Indonesia. Ada banyak hal yang mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia seperti contoh melalui musik atau Kpop. Tak heran, Indonesia pun menjadi salah satu negara dengan jumlah fans Kpop terbanyak di dunia.

Para fans ini rela melakukan apapun untuk idolanya. Meskipun demikian, fans Kpop tidak sekadar dikaitkan dengan fanatisme dan obsesi. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika menyukai Kpop. Manfaat-manfaat ini tentu bisa dirasakan oleh para fans. Apalagi jika mereka bisa mengubah rasa suka menjadi dorongan yang positif untuk terus maju. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut:

Baca Juga: 56 Jurnalis jadi Korban Kekerasan saat Liput Demo UU Cipta Kerja

1. Mendapat contoh baik

Pada dasarnya para public figure memiliki banyak sisi positif dan sisi negatif. Hal itu memang fitrah manusia. Meskipun demikian, ada banyak sisi positif yang bisa dicontoh oleh para fans. Sisi positif yang meliputi kebiasaan hingga motto ini bisa digunakan sebagai panutan dan penyemangat.

Misal idola atau bias yang sering menjadi bintang kelas atau mendapat IPK Cumlaude padahal memiliki jadwal yang padat. Mereka pasti bisa membagi waktu dengan baik dan benar. Hal ini tentu memacu diri untuk terus berproses dan berkembang dengan belajar lebih giat.

2. Mengenal orang-orang baru

Kpop disukai oleh banyak orang dari seluruh dunia. Maka tidak mengherankan, apabila ada banyak fans yang ada di dunia perKpop-an. Akhirnya seseorang yang menjadi fans Kpop akan mengenal banyak orang baru.

Mereka pun memiliki siklus pertemanan yang baru dan beda. Mereka juga memiliki teman yang satu frekuensi, satu hati dan satu pikiran. Bahkan teman-teman ini bisa berasal dari negara lain. Hal ini tentu sangat menyenangkan dan membahagiakan.

Baca Juga: Mengulik Fenomena Pencurian Kain Kafan yang Konon untuk Pesugihan

Apalagi para fans Kpop memiliki soldaritas kuat yang bisa diterapkan tidak untuk idola tetapi juga di kehidupan keseharian.

3. Menambah wawasan dan pengetahuan

Serba-serbi Kpop pasti disajikan dengan menggunakan bahasa Korea. Lagu-lagu yang mereka nyanyikan juga sebagian besar berbahasa Korea. Para fans Kpop juga akan mengikuti semua acara yang menampilkan idolanya seperti drama, variety show, dan acara musik.

Hal ini tentu membuat seorang fans Kpop mau menambah kemampuan berbahasa. Apalagi sebagian besar video menggunakan bahasa Korea atau subtitle bahasa Inggris. Selain itu, kita juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang Korea Selatan mulai dari budaya, gaya hidup, hingga cara berpakaian.

4. Mengasah bakat yang terpendam

Para fans bisa mengasah bakat dengan mengidolakan Kpop. Banyak di antara mereka yang baru menyadari bakat terpendam tersebut. Bakat yang terpendam tersebut bisa berupa menyanyi, dance, rap, acting, dan model.

Pada mulanya mereka mungkin malu-malu dan belum pernah mencoba sama sekali. Bakat itu pun akan terus terasah hingga menjadi permata. Mereka juga pasti banyak menghasilkan kaya yang berhubungan dengan para idolanya mulai cover dance, melukis, menulis fanfiction, dan lain-lain. Bahkan banyak di antara mereka yang mendapatkan keuntungan dari karya-karya tersebut.

Baca Juga: Prekuel Game of Thrones Akan Rilis Tahun 2022, Fokus ke Cerita Keluarga Targaryen

5. Meningkatkan jiwa sosial

Ada banyak kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh para fanbase K-POP. Kegiatan sosial ini biasanya mengatasnamakan grup atau bias. Para fanbase sering mengadakan kegiatan sosial sebagai proyek untuk menyambut kelahiran atau ulang tahun sang idola.

Kegiatan ini juga kadang diselenggaran untuk mengikuti jejak sang idola yang melakukan kegiatan serupa. Sebagian besar fanbase K-POP di Indonesia juga sering mengadakan kegiatan sosial ini secara kolektif dan bekerja sama dengan fanbase K-POP International. Hal ini dikarenakan, kegiatan sosial yang diselenggarakan biasanya menyentuh jumlah donasi yang cukup besar. (Sindy Lianawati/gg)

  • Bagikan