Festival Isi Piringku, Edukasi Makanan Sehat Cegah Stunting di Pasuruan

Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan, Lulis Ratnawati menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba Isi Piringku di Kantor Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim

PASURUAN, Tugujatim.id – Beragam cara dilakukan demi menekan angka stunting di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Salah satunya lewat Festival Isi Piringku yang digelar di Kantor Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, pada Rabu (07/12/2022).

Mengusung tema “Menuju Generasi Sehat Dengan Gizi Seimbang Sejak Dini”, Festival Isi Piringku digelar unruk mengedukasi ibu-ibu terkait kesadaran pentingnya asupan makanan bergizi bagi tumbuh kembang balita.

Festival Isi Piringku ini diselenggarakan sebagai program CSR dari PT Tirta Investama (Aqua Keboncandi) bekerja sama dengan Pemkab Pasuruan, LPTP Surakarta, Himpunan Mahasiswa D3 Unej, serta Universitas Merdeka Pasuruan.

Dalam lomba Isi Piringku, perwakilan ibu-ibu PKK dari 19 desa di Kecamatan Gondangwetan diajak untuk berlomba menyajikan menu makanan sehat lima sempurna.

Komposisi makanan bergizi masing-masing tim dinilai langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan, Lulis Ratnawati bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. Tim yang menyajikan makanan yang paling bergizi dan sehat diberi plakat penghargaan dan hadiah.

“Saya harap dengan acara ini bisa memberi edukasi ke masyarakat agar lebih pandai untuk merawat balitanya, terutama asupan gizinya,” ucap Lulis.

Selain itu, digelar pula lomba Balita Sehat dan Ibu Pintar (SIP). Belasan peserta lomba ibu dan balita sehat ini merupakan perwakilan balita yang diunggulkan di tingkat desa.

Peserta dikelompokkan dalam dua kategori umur yakni kelompok 9-24 bulan dan kelompok 2-5 tahun. Para balita dinilai kesehatannya mulai dari berat badan, tinggi badan, dan sebagainya.

“Setelah lomba ini, harapannya nanti angka stunting di Kabupaten Pasuruan bisa turun terus tiap tahun,” ucapnya.

CSR Coordinator PT Tirta Investama (Aqua Keboncandi), Nurul Huda menjelaskan bahwa Festival Isi Piringku ini digelar sebagai bentuk kontribusi untuk menyosialiasikan panduan sajian makanan bergizi agar masyarakat bisa mempraktikkannya di kehidupan sehari-hari.

Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan, Lulis Ratnawati menyerahkan piagam penghargaan kepada CSR Coordinator PT Tirta Investama (Aqua Keboncandi), Nurul Huda. Foto: Laoh Mahfud/Tugu Jatim

Sekaligus mendukung program Kasih Bersanding Mesra (Keluarga Bersih Bebas Stunting Menuju Masyarakat Sejahtera) dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

“Diharapkan para orang tua bisa memberi pemenuhan gizi seimbang pada anaknya agar tumbuh kembang dan daya tahan tubuh dan tumbuh kembang optimal terutama paska pandemi (COVID-19),” pungkasnya.