Gapeka 2021 Diterapkan, Jadwal Kereta Api di Stasiun Kediri Ada Perubahan - Tugujatim.id

Gapeka 2021 Diterapkan, Jadwal Kereta Api di Stasiun Kediri Ada Perubahan

  • Bagikan
Kepala Stasiun Kediri, Wahyudi Cahyadi ketika memberkan keterangan. (Foto: Noe/Tugu Jatim)
Kepala Stasiun Kediri, Wahyudi Cahyadi ketika memberkan keterangan. (Foto: Noe/Tugu Jatim)

KEDIRI, Tugujatim.id – Stasiun Kediri mulai memberlakukan penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021, PT KAI, Rabu (10/2/2021). Dari pemberlakukan kebijakan ini, ada perubahan jadwal dan penambahan jadwal baru kereta api di Stasiun Kediri.

Kepala Stasiun Kediri, Wahyudi Cahyadi, mengatakan bahwa Gapeka 2021 dapat memangkas waktu tempuh perjalanan kereta api jarak jauh, yakni mencapai sekitar 1 jam. Sedangkan, perjalanan kereta api lokal, pemangkasan terjadi mencapai 30 menit.

“Untuk stasiun Kediri sudah dimulai sejak tadi malam jam 00.00 dini hari,” kata Wahyudi.

Menurutnya, adanya penetapan Gapeka 2021 tersebut, pihaknya juga melakukan perubahan jadwal pemberangkatan KA terbaru, tertanggal 10 Februari hingga 28 Februari 2021.

Pria asal Padang, Suamtera Barat ini menjelaskan jumlah perjalanan KA yanh melewati Stasiun Kediri, sebanyak 32 perjalanan. Seperti KA Gajayana, KA Kahuripan, KA Mataremaja, KA Brantas, KA Malabar, dan lain-lain.

Serta ada penambahan KA baru, yakni KA Brawijaya, KA Kartanegara, dan perjalanan lokal KA Jalasutera. Selain itu pihaknya saat ini melakukan banyak persiapan dengan perubahan Gapeka 2021.

“Contohnya di penjaga Gardu ini kita berikan sosialisasi perubahan kereta apa saja yang lewat. Kemudian pemasangan informasi perubahan jadwal dan persiapan lainnya,” imbuh Wahyudi.

Wahyudi menyampaikan melalui perubahan baru ini, untuk standar protokol kesehatan dalam menaiki kereta api tidak ada yang berubah.

“Untuk kereta jarak jauh menggunakan rapid antigen sehari sebelum jadwal keberangkatan. Kemudian untuk batas usia minimum yang wajib di-rapid antigen ini mulai 5 tahun dari sebelumnya itu 6 tahun,” tutupnya. (noe/gg)

  • Bagikan