Gelombang Pertama, 28 Nakes Kota Batu Disuntik Vaksin Moderna - Tugujatim.id

Gelombang Pertama, 28 Nakes Kota Batu Disuntik Vaksin Moderna

  • Bagikan
Kepala Dinkes Kota Batu, Kartika Trisulandari. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim) rs darurat
Kepala Dinkes Kota Batu, Kartika Trisulandari. (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Pencanangan vaksinasi dosis ketiga khusus bagi tenaga kesehatan (nakes) sudah dimulai, termasuk untuk di Kota Batu. Hanya saja, dari total 2.000 nakes yang ada, di Kota Apel ini hanya kebagian 2 vial saja. Jadi, hanya 28 nakes yang disuntik vaksin moderna.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Kartika Trisulandari mengatakan, jatah ini langsung diberikan kepada 28 nakes pada Senin (09/08/2021). Dengan adanya vaksin booster ini menjadi langkah percepatan pembentukan herd immunity yang kini masih mencapai 26,7 persen dari total seharusnya 70 persen dari total penduduk.

Dia mengatakan, vaksin moderna memiliki sifat asam ribonukleat atau dikenal dengan istilah ribonucleic acid (RNA). Berbeda dengan vaksin sinovac sebelumnya yang memiliki sifat inactivated.

”Kalau yang sinovac sebelumnya itu inactivated, kalau yang sekarang RNA, jadi nanti antibodi yang akan terbentuk lebih sempurna,” kata dia.

Vaksin booster ini sangat penting mengingat tugasnya sebagai garda terdepan penanganan Covid-19 yang rentan tertular. Sejauh ini saja sudah banyak nakes yang kembali tertular meski sudah divaksin. Bahkan, tercatat sudah ada 3 nakes yang sampai meninggal dunia.

Kartika melanjutkan, karena itu hanya ada 28 nakes yang akhirnya lolos seleksi untuk divaksin gelombang pertama ini. Untuk lainnya, masih akan menunggu 3 bulan setelah sembuh.

”Kebetulan 2 bulan lalu cukup banyak nakes yang tertular terkonfirmasi, jadi harus diperhitungkan untuk divaksin setelah 3 bulan nanti,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan kalau pihaknya harus berhati-hati karena kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) itu cukup tinggi untuk vaksin moderna.

”Memang laporan tingkat KIPI dari moderna juga cukup tinggi, jadi kami sangat berhati-hati memilih nakes yang akan divaksin,” imbuhnya.

Dengan diberikan vaksin booster, imunitas tubuh mereka semakin berlipat ganda. Dalam vaksinasi moderna ini selain nakes, juga menyasar tenaga pendukung utama lainnya seperti sopir ambulans hingga petugas kebersihan di rumah sakit.

Sebagai informasi, data terakhir dari Satgas Covid-19 Kota Batu per 9 Agustus 2021 masih berstatus sebagai zona merah. Untuk capaian vaksin kedua di Kota Batu mencapai 16,64 persen. Sedangkan dosis pertama sebanyak 25,20 persen.

  • Bagikan