Gempa 5,1 M Berpusat di Malang Selatan Tak Berpotensi Tsunami - Tugujatim.id

Gempa 5,1 M Berpusat di Malang Selatan Tak Berpotensi Tsunami

  • Bagikan
Gempa bumi di Malang Raya. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Gempa bumi di Malang Raya. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.id – Malang Raya diguncang gempa berkekuatan 5,1 M pada Jumat (22/10/2021) sekitar pukul 09.21 WIB. Pusatnya ada laut di 74 km arah selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada kedalaman 98 kilometer.

Berdasarkan laporan BMKG, guncangan juga dirasakan di daerah Blitar dengan skala III-IV MMI, Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember, Trenggalek dengan skala II-III MMI, dan Pacitan II MMI.

”Gempanya tidak berpotensi tsunami. Hingga saat ini, kami masih belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulisnya.

Bambang menambahkan, dari hasil monitoring juga didapati adanya aktivitas gempa bumi susulan dengan kekuatan 4,8 M pada pukul 09.43 WIB.

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi tektonik ini jika dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.

”Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” jelas Bambang.

Kendati demikian, masyarakat diimbau tetap tenang dan waspada jika mendapati bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, sebaiknya dihindari.

”Periksa dan pastikan bangunan tempat Anda tinggal aman,” tegasnya.

  • Bagikan